Tips Memilih Makanan Untuk Penderita Maag

Sakit maag adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Sakit maag bisa disebabkan karena luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS) dan stress.

Selain cara makan yang kurang tepat, sakit maag juga sering dihubungkan dengan kebiasaan hidup yang tak sehat. Seperti merokok, mengonsumsi alkohol secara berlebihan hingga kebiasaan minum soda dan telat makan. Seorang pengidap sakit maag dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang sehat. Berikut tips memilih makanan supaya gejala sakit mag tidak sering menyerang.

Hindari makanan pedas

Jika sakit maag sedang kambuh, hindari makan makanan pedas. Terutama jika disertai mual, muntah, dan diare. Makanan pedas dapat mengiritasi kerongkongan dan usus besar, hingga memperparah gejala maag kronis. Hindari juga konsumsi rempah-rempah, termasuk bawang putih atau bawang merah yang juga bisa membuat perut semakin sensitif.

Hindari makanan berlemak

Sebagai penderita sakit maag, kita perlu menghindari konsumsi makanan berlemak untuk meringankan beban kerja perut. Makanan tinggi lemak, seperti mentega, susu, keripik, burger, atau gorengan merupakan makanan yang sulit dicerna dan merangsang otot saluran pencernaan menegang karena bekerja terlalu keras. Gantilah dengan makan daging dan ikan tanpa lemak, minum susu skim, dan makanan yang dipanggang daripada memilih makanan yang digoreng.

Hindari minuman berkafein dan soda

Saat maag kambuh, kita wajib menghindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, juga minuman bersoda. Karena minuman ini cenderung menimbulkan gas yang bisa menyebabkan perut kram dan diare. Jadi, pilihlah minuman yang tidak bersoda dan tidak mengandung kafein, seperti teh herbal, susu, atau air putih.

Konsumsi yogurt

Bakteri baik probiotik yang ada di dalam usus terbukti memiliki segudang manfaat untuk kesehatan pencernaan, salah satunya adalah membantu meringankan iritasi usus besar dan diare. Karena itulah, kita bisa mengonsumsi probiotik dari suplemen atau dengan makan yoghurt.

Konsumsi makanan lunak

Penderita maag dianjurkan mengkonsumsi makanan dengan tekstur lunak dan lembut. Hal ini untuk memudahkan lambung mencerna makanan, sehingga tidak terlalu memperberat kerja sistem percernaan. Makanan lunak yang baik untuk dikonsumsi di antaranya bubur, nasi tim, sayuran yang dimasak hingga lembut.

  • By dr. Aninda Dian Anggraeni
  • 24 April 2019