Klinik Nyeri

Klinik Nyeri RS JIH menawarkan perawatan aman dan efektif untuk menghilangkan atau mengurangi nyeri kronis. Ditangani oleh Tim Nyeri dari berbagai multidisiplin ilmu yang berdedikasi untuk membantu pasien dengan nyeri kronis kembali ke gaya hidup normal dan produktif serta memaksimalkan aktivitas fisik.

KAPAN HARUS DATANG KE KLINIK NYERI RS JIH?

Interventional Pain Management menjadi pilihan penatalaksanaan nyeri lebih lanjut untuk kondisi pasien sebagai berikut:
- Mengalami nyeri akut, kronik, dan kanker, terutama jika pengobatan secara konvensional dengan obat-obatan penghilang rasa nyeri tidak berhasil mengurangi nyeri
- Pasien telah menggunakan obat penghilang nyeri dalam waktu yang lama, sehingga timbul efek samping akibat penggunaan obat, seperti gangguan lambung dan ginjal
- Tidak bisa minum obat nyeri karena alergi, memiliki penyakit gangguan ginjal, gangguan pencernaan
- Pernah menjalani operasi, tetapi masih mengalami rasa sakit

KLINIK NYERI RS JIH MELAYANI
- Diagnosis Nyeri Secara Komprehensif
- Layanan Nyeri Konservatif
- Layanan Nyeri dengan Intervensi

LAYANAN NYERI KONSERVATIF
Dilakukan melalui pendekatan farmakologi, fisioterapi atau akupunktur untuk dapat mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri

LAYANAN INTERVENSI NYERI
1. Penyuntikan obat pada lokasi penyebab nyeri
Penyuntikan berupa pemberian steroid atau obat regenerative yang berguna untuk mengurangi peradangan di sumber nyeri secara tepat dan memperbaiki struktur jaringan seperti otot atau tendon yang mengalami kerusakan dan menjadi sumber nyeri . Pemberian obat dilakukan dengan panduan alat seperti USG dan C-Arm agar tepat langsung di sumber nyeri.

2. Blok Saraf
Blok saraf dilakukan dengan panduan USG dan C-Arm menuju saraf sumber nyeri, sehingga dapat mengurangi nyeri yang dapat berlangsung beberapa minggu maupun bulan bahkan dapat menjadi blok permanen tergantung pada tekhnik dan obat yang digunakan.

3. Radiofrekuensi Ablasi/Neuromodulasi
Gelombang radiofrekuensi digunakan untuk menonaktifkan jaringan saraf yang menghantarkan sinyal nyeri, sehingga mengurangi sinyal nyeri yang dipancarkan dari sumber nyeri. Gelombang radiofrekuensi ini dihasilkan oleh alat khusus dan dihantarkan melalui jarum yang diarahkan menuju saraf yang menjadi sumber nyeri dengan panduan USG dan C-Arm.

KASUS-KASUS YANG DAPAT DITANGANI

- Nyeri kepala dan leher: trigeminal neuralgia (nyeri wajah sebelah), cervicogenic headache (sakit kepala akibat nyeri leher), dan cervical facet pain (nyeri sendi leher)
- Nyeri bahu, siku, dan tangan: frozen shoulder (kaku dan nyeri bahu), tennis elbow (nyeri siku), carpal tunnel syndrome/CTS (saraf terjepit di tangan), dan osteoarthritis wrist joint (nyeri sendi pergelangan dan jari tangan)
- Nyeri punggung/low back pain: Hernia Nucleus Pulposus/HNP (saraf terjepit di pinggang) dan lumbar facet joint pain (nyeri sendi facet di punggung)
- Nyeri akibat kanker: kanker payudara, kanker rahim, kanker pankreas, dan sejenisnya
- Nyeri kaki dan pengelangan kaki: plantar fascitis (nyeri telapak kaki), tarsal tunnel syndrome (saraf terjepit di pergelangan kaki), dan osteoarthritis ankle joint (nyeri pada sendi pergelangan kaki)
- Nyeri akibat cedera olahraga/sport injury
- Nyeri lutut/knee osteoarthritis
- Nyeri kronik pasca operasi
- Nyeri akibat herpes

ULTRASONOGRAFI (Logic P5)
Untuk mendukung keakuratan diagnosa, poli nyeri RS JIH dilengkapi dengan USG 4 dimensi yang memberikan gambaran real time imaging pada area yang harus diperiksa sehingga akurasi diagnosis lebih terjamin dan dapat membantu menentukan langkah medis lanjutan.

FLUOROSCOPY (C-Arm)
C-Arm digunakan untuk melihat dan mendeteksi letak benda atau obyek pemeriksaan yang berada di dalam tubuh dengan mudah, bahkan dapat dilihat langsung secara real time di layar monitor. Uniknya, teknologi C-Arm ini mampu menampilkan obyek secara tiga dimensi, sehingga dapat dilihat dengan lebih jelas dan utuh dari berbagai sisi dan posisi. Kesalahan dalam memprediksi letak objek, diagnosa, dan tindakan medis lain dapat diminimkan. Proses operasi dan tindakan medis yang dilakukan pun dapat berjalan dengan mudah, akurat, aman, dan nyaman.

RADIOFREQUENCY (Cosman)
High end type radiofrequency yang secara digital mampu mengalirkan aliran listrik yang diproduksi oleh gelombang radio untuk memanaskan bagian syaraf tertentu, sehingga rangsang nyeri di daerah tersebut dapat dihentikan.

Pendaftaran: Admisi Lt.2 Gedung B
Lokasi Layanan: Klinik Nyeri Lt.2 Gedung B / Ruang Tindakan
Info lebih lanjut dapat menghubungi Call Center (0274) 446 3535

LAYANAN KAMI