Trauma Center

Pelayanan kesehatan yang khusus menangani pasien trauma atau cidera akibat kecelakaan. 

Banyak sekali trauma yang akan dialami berbagai jenis pasien, seperti trauma akibat kecelakaan kerja, trauma terhadap lingkungan kerja yang kurang memadai, atau penyakit akibat kerja. Namun, ada juga beberapa trauma lainnya yang dapat ditangani seperti trauma akibat masalah keluarga, pertemanan, percintaan dan sebagainya. Jadi tipe trauma dapat dibedakan berdasarkan trauma fisik dan psikis.


Level/Tingkatan Pada Trauma Center:

Selain tipe-tipe trauma, ada juga level atau tingkatan dari trauma itu sendiri. Level atau tingkat trauma itu dibagi menjadi 5 yaitu:

- Level I

Kasus yang ditangani pada trauma level I ini adalah kasus trauma secara menyeluruh, yang diambil dari sumber daya daerah setempat, sarana pendidikan, penelitian dan perencanaan dari sistem. Biasanya akan ditangani oleh tenaga ahli seperti dokter bedah trauma, dokter bedah umum, dokter anestesi, perawat dan segala perlengkapan resusitasi.


- Level II

Kasus yang ditangani pada trauma level II adalah kasus secara menyeluruh pada daerah perkotaan dan rumah sakit utama dengan kepadatan penduduk yang lebih tinggi. Pada daerah perkotaan ini tidak diperlukannya sarana pendidikan ataupun penelitian yang berkelanjutan.


- Level III

Kasus yang ditangani pada trauma level III ini adalah kasus tanpa adanya pelayanan dari ahli atau spesialis secara penuh, namun memiliki sumber daya yang cukup seperti ruang gawat darurat, beda, dan pelayanan intensif. Pelayanan kasus pada level III ini lebih menyeluruh pada masyarakat luas baik pada level I dan level II.


- Level IV dan V

Kasus yang ditangani pada trauma level IV dan V ini lebih berfokus pada resusitasi dan stabilisasi pasien dengan mengatur proses rujukan pasien trauma. Proses rujukan ini dilakukan supaya pasien mendapatkan perlengkapan dan lokasi yang lebih lengkap dan strategis.



LAYANAN KAMI