Yuk Mengenal Ketidaksuburan (Infertilitas) Pria dan Wanita

Rabu, 13 Januari 2021 70

Oleh: dr. Diah Hydrawati Sari Hasibuan, MCE, SpOG (K-FER)

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan IVF Morula & RS JIH Yogyakarta


Infertilitas adalah ketidakmampuan pasangan suami isteri mendapatkan kehamilan setelah 1 tahun melakukan hubungan suami isteri tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Karena fertilitas pada wanita berhubungan dengan usia, bila isteri berusia 35 tahun ke atas sebaiknya melakukan pemeriksaan setelah melakukan hubungan suami isteri selama 6 bulan .

 

Untuk terjadinya kehamilan, sel telur dan sel sperma harus diproduksi kemudian sel sperma dapat membuahi sel telur (fertilisasi) selanjutnya sel telur yang sudah dibuahi dapat menempel (berimplantasi) di rahim. Permasalahan pada infertilitas dapat disebabkan oleh permasalahan dari salah satu langkah-langkah tersebut sehingga suami dan isteri sebaiknya diperiksa bersama-sama untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mengganggu fertilitas tersebut. Dokter akan menggunakan informasi ini untuk mengetahui kemungkinan penyebab infertilitas dan memberikan rencana terapi yang sesuai.

 

Pemeriksaan awal pada infertilitas meliputi riwayat fertilitas dan medis sebelumnya, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan lainnya. Pada wanita, tes biasanya dilakukan untuk mengetahu fungsi indung telur, cadangan sel telur dan ada atau tidaknya kelainan struktur pada organ reproduksi.

  Apa penyebab infertilitas pada wanita?

 Wanita membutuhkan fungsi ovarium, saluran tuba dan uterus (rahim) untuk terjadinya kehamilan. Beberapa kondisi yang dapat menggangu fungsi organ-organ ini dapat berkontribusi untuk terjadinya infertilitas. Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan infertilitas pada wanita adalah gangguan ovulasi, sumbatan pada saluran tuba Fallopii atau kelainan pada uterus (rahim). Untuk mengetahui kondisi organ-organ tersebut, beberapa tes diagnostik akan dilakukan sebagai pemeriksaan dasar infertilitas.

 

Pemeriksaan fungsi ovarium

 

Beberapa penyebab gangguan ovulasi adalah polikistik ovarium, berkurangnya cadangan indung telur atau premature ovarian insufficiency (POI).

 

Siklus menstruasi yang reguler dapat merefleksi adanya ovulasi. Selain itu, ovulasi juga dapat diprediksi dengan menggunakan kit ovulasi dan dikonfirmasi dengan melakukan pemeriksaan hormon progesteron. Meskipun terdapat beberapa test untuk mengevaluasi fungsi ovarium tetapi tidak ada tes tunggal yang paling baik untuk memprediksi terjadinya ovulasi.


Pemeriksaan saluran tuba

 

Histerosalpingogram merupakan salah satu tes untuk mengevaluasi saluran tuba. Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan tersumbatnya saluran tuba adalah riwayat infeksi panggul, endometriosis atau riwayat operasi abdominal.

 

Kelainan pada rahim

 

Untuk mengetahui adanya kelainan rahim (uterus) seperti mioma atau abnormalitas uterus lainnya, pemeriksaan ultrasonografi transvaginal dapat dilakukan

 

Apa penyebab infertilitas pada pria?

 

Kira-kira 30% penyebab kasus infertilitas disebabkan oleh infertilitas pada pria. Beberapa faktor pada pria yang dapat menyebabkan infertlitas adalah kelainan pada testis, gangguan fungsi ejakulasi, gangguan hormon dan genetik.

 

Analisis semen (sperma) merupakan pemeriksaan awal untuk mendeteksi adanya infertilitas pada pria. Sebaiknya pasien tidak mengeluarkan sperma selama 2-5 hari sebelum melakukan pemeriksaan analisis sperma. Jumlah sperma (konsentrasi), gerakan sperma (motilitas) dan bentuk normal sperma (morfologi) akan dinilai pada pemeriksaan analisis sperma. Jika hasil analisis sperma abnormal, dimungkinkan pemeriksaan ulangan atau lanjutan akan dilakukan.

 

Lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat bagi pasangan yang mengalami infertilitas.

 

Referensi

 

1.  1. World Health Organization, WHO laboratory manual for the examination of human semen and sperm- cervical mucus interaction. 4th edition. Cambridge University Press, Cambridge, UK, 1999.


2.        https://www.cdc.gov/reproductivehealth/infertility/index.htm


3.        https://www.uptodate.com/contents/overview-of-infertility


 4.        https://www.acog.org/clinical/clinical-guidance/committee-opinion/articles/2019/06/infertility-workup-for-the- womens-health-specialist