Tips Mengatasi Stress Selama Wabah Virus COVID-19

Jumat, 20 Maret 2020 158

Infeksi akibat virus corona atau COVID-19 memang bikin was-was. Namun, bukan berarti kita harus selalu dihantui rasa takut ketika pandemi mengancam dan mengganggu produktivitas.


Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi stress selama wabah COVID-19 terjadi :

  • Perasaan stress, bingung, takut, atau marah akan sangat wajar dialami oleh masyarakat selama terjadi wabah penyakit COVID-19 ini. Bicarakan perasaan yang Anda alami dengan orang terdekat atau orang yang Anda percaya dapat membantu. Kita tetap bisa menghubungi teman atau keluarga melalui email, panggilan telepon dan memanfaatkan platform media social meski sedang berada dalam situasi tertentu seperti karantina atau social distancing.
  • Pertahankan gaya hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi dan seimbang. Istirahat cukup, banyak konsumsi air putih, dan aktivitas fisik serta olahraga.
  • Jangan jadikan rokok, alcohol, atau obat-obatan lain untuk menjadi pelarian emosi. Karena bagaimanapun negativity dari itu semua akan lebih banyak kita dapatkan daripada manfaatnya.
  • Kumpulkan informasi yang akurat agar dapat membantu Anda mengambil tindakan pencegahan. Temukan sumber yang kredibel dan bisa dipercaya seperti situs web WHO, Kementrian Kesehatan RI, atau institusi kesehatan yang dapat dipercaya.
  • Kelola kekhawatiran dan kecemasan Anda dan keluarga dengan membatasi paparan informasi yang justru akan membuat Anda dan keluarga semakin tertekan atau cemas.
  • Gunakan cara-cara mengelola stress dan kecemasan yang pernah Anda lakukan sebelumnya untuk mengelola perasaan yang Anda alami saat pandemic berlangsung.