Serba-serbi MPASI dan Cara Mengatasi Anak GTM

Senin, 06 September 2021 111

Menghadapi anak yang sulit makan atau Gerakan Tutup Mulut (GTM) seringkali membuat orang tua menjadi frustasi. Anak sulit makan menjadi salah satu masalah yang banyak dikeluhkan orangtua. Padahal, asupan nutrisi seimbang sangat dibutuhkan pada masa perkembangan Si Kecil. Ada banyak masalah makan yang mungkin muncul, mulai dari anak menolak makan, sengaja menutup mulut, menangis, atau hanya mau konsumsi makanan tertentu.

Pentingnya MPASI?
- Kebutuhan energi bayi setelah 6 bulan sudah tidak tercukupi oleh ASI, jadi untuk kebutuhannya harus terpenuhi dari MPASI.
- Cadangan zat besi hanya sampai usia 5 bulan, setelah itu zat besi harus didapatkan dari MPASI. Sedangkan fungsi dari zat besi sangat penting untuk proses myelinisasi otak, untuk pembentukan struktur dan fungsi otak

Syarat MPASI yang baik menurut WHO
1. Tepat waktu --> diberikan saat ASi saja tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi
2. Adekuat --> mpasi harus mencukupi kebutuhan nutrisi bayi baik makronutrien (karbohidrat 35-55%, lemak 35-60%, protein 15-20%) atau mikronutrien (zat besi, vitamin, dll) baik secara jumlah, frekuensi makan, konsistensi dan variasi
3. Diberikan dengan benar --> tekstur harus sesuai, diberikan dengan metode responsive breast feeding
4. Aman --> disimpan dan disiapkan secara higienis, dan diberikan dengan tangan dan perlengkapan makan yang bersih

Lebih baik mana MPASI homemade dan pabrik?
Pada dasarnya keduanya baik tergantung kondisi dan situasi di tiap keluarga yang tidak sama. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Jika memang sudah tahu benar bagaimana mencukupi nutrisi bayi (makro/mikronutrient) silahkan pilih homemade. Namun jika ingin praktis tanpa mengorbankan kebutuhan nutrisi anak, silahkan pilih pabrikan. Bisa juga kombinasi keduanya. Kadang saat kondisi travelling atau emergency kita berikan mpasi pabrikan dan saat di rumah berikan homemade.
Keuntungan mpasi homemade: kaya tekstur, rasa, aroma
Keuntungan mpasi pabrikan: lebih praktis, sudah terfortifikasi memenuhi kebutuhan nutrisi anak

Tapi mpasi instan bahaya karena ada pengawetnya? Ada gula garam? Ada… ada… ada…
Semua produk makanan bayi yang dijual harus memnuhi Codex Alimentarius dari WHO. Aturan tersebut melarang penggunaan pengawet, zat adiktif lain yang berbahaya untuk anak. Jika tidak memenuhi Codex Alimentarius itu maka sudah dapat dipastikan BPOM tidak akan memberikan izin produk tsb dijual di pasaran.

Kalau tidak mengandung pengawet, kok bisa tahan lama?
MPASI pabrikan bisa awet karena teknologi freeze dry, yaitu mengeringkan seluruh bahan-bahan sebelum diolah. Kandungan airnyapun sangat minimal sehingga bakteri tidak akan bisa tumbuh dan hidup

Apakah mpasi boleh ditambahkan gula garam?
Gula dan garam BOLEH diberikan pada bayi di atas 6 bulan dengan jumlah yang terbatas.

MPASI sebaiknya disimpan di suhu berapa?
Penyimpanan mpasi itu penting untuk diperhatikan karena itu akan mentukan pertumbuhan kuman di makanan. Jika makanan tidak disajikan pd suhu yang tepat, kuman pathogen dapat tumbuh dan bisa menyebabkan infeksi (bisa menyebabkan malnutrisi atau stunting)
Suhu yang berbahaya adalah antara 5-60 derajat celcius
Kuman akan tumbuh lebih cepat di makanan pd suhu antara 21-47 derajat celcius.
Jadi atur makanan panas berada di suhu min 60 derajat, dan makanan dingin di bawah 5 derajat celcius

Jika susah mengukur suhunya, gunakan metode 2 and 4hour rule
Ini adalah waktu dimana makanan dapat disimpan dengan aman pada suhu antara 5-60 derajat celcius
- 0-2 jam setelah dimasak, konsumsi MPASI secepatnya atau masukkan ke kulkas dengan suhu kurang dari 5 derajat
- 2-4 jam setelah dimasak konsumsi secepatnya
- 4 jam atau lebih setelah dimasak, buang MPASI karena sudah tidak aman untuk dimakan
Jangan menghangatkan MPASI lebih dari sekali ? resiko timbulnya pathogen dan kuman

Penyebab Anak Sulit Makan?
- Kondisi psikis anak: stress akan berdampak emosi negative pada si kecil yang menyebabkan hilangnya nafsu makan. Stress pd anak bisa disebabkan karena bosan, ngantuk, perasaan ingin bermain. Jadi sebagai orang tua kita harus pinta membaca pikiran anak, belajar dari kegiatan sehari-hari, seperti ritme bermainnya, waktu laparnya.
- Kondisi kesehatan: anemia, biasanya diikuti dengan gejala lemas, letih, lesu, lunglai. Cacingan (cacing tambang) bersarang di tubuh si kecil sehingga bisa menyebabkan masalah pada pencernaan. Konstipasi, membuat perut anak terasa sebah jd males utk makan, dll. Jadi pastikan ke DSA bahwa anak tidak mengalami masalah kesehatan yang membuatnya sulit untuk makan.
- Lingkungan sekitar anak yang tidak mendukung untuk makan. Misal, di sekitarnya ada anggota keluarga yang lain sedang nntn tv, atau kakak adiknya sedang main. Jadi sebisa mungkin ciptakan suasana makan yang memang mendukung anak untuk makan. Dan pastikan utk memberi makan anak di waktu yang tepat saat anak lapar.

Tips yang bisa orang tua lakukan saat anak sedang sulit makan.
- Berikan makanan rumah yang sehat, baik untuk makanan sehari-hari maupun makanan selingan
- Tawarkan selalu jenis-jenis makanan yang baru. Terkadang makanan baru butuh ditawarkan 10-15 kali untuk dapat diterima dan dimakan dengan baik oleh anak
- Sajikan jenis makanan yang baru bersama dengan makanan yang disukai anak
- Hindari asumsi bahwa anak tidak akan suka dengan jenis-jenis makanan tertentu
- Tawarkan finger foods (makanan yang dapat digenggam oleh anak) yang sehat sehingga anak dapat belajar makan secara mandiri

Sebelum semua tips dan strategi itu dilakukan sebaiknya pastikan bahwa anak Anda tidak mengalami masalah kesehatan yang membuatnya sulit untuk makan. Anda bisa langsung berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit JIH untuk mencari tau apakah anak Anda sulit makan karena adanya suatu penyakit atau tidak.