Obesitas Tingkatkan Resiko Nyeri Pada Sendi Lutut

Selasa, 19 Mei 2020 73

Obesitas merupakan suatu keadaan fisiologis akibat dari penimbunan lemak secara berlebihan di dalam tubuh. Meningkatnya Obesitas tidak lepas dari gaya hidup seseorang, seperti menurunnya aktivitas fisik, pola hidup yang kurang tepat, dan kebiasaan makan yang salah. Obesitas menjadi salah satu faktor terjadinya nyeri pada lutut. Nyeri ini memang sering dialami oleh setiap orang dalam berbagai tingkat usia. Pada kejadian obesitas, wanita memiliki resiko 4-5 kali terserang nyeri lutut dibandingkan pria dikarenakan terdapat penumpukan lemak yang berlebih karena ketika berjalan beban berat badan dipindahkan ke sendi lutut 3-6 kali lipat berat badan.

 Dibanding sendi tubuh lain, sendi lutut termasuk organ yang rentan mengalami kerusakan dan nyeri, karena fungsi pentingnya dalam menopang tubuh. Tak heran jika pengidap obesitas rentan mengalami sakit lutut akibat berat badan berlebih dan meningkatkan resiko terhadap penyakit osteoarthritis.

Osteoarthritis merupakan gangguan keseimbangan dari metabolisme kartilago dengan kerusakan struktur. nyeri sendi lutut sering terjadi akibat menompang berat badan berlebih. Menurut penelitian yang di lakukan oleh Peni, dkk (2013) didapatkan bahwa sebagian besar pasien dengan osteoarthritis lutut mengalami obesitas. Gejala sakit lutut berbeda-beda, tergantung pada penyebabnya. Secara umum, sakit lutut ditandai dengan pembengkakan, kekakuan sendi, bunyi gemeretak pada lutut, perubahan bentuk lutut, sendi lutut menjadi lebih lemas, serta permukaan kulit di daerah lutut berwarna kemerahan dan hangat saat disentuh.

Pencegahan nyeri lutut bisa dengan melakukan olahraga dengan peregangan dan penguatan otot-otot sekitar lutut, menghindari aktivitas yang terlalu membebani sendi lutut seperti naik turun tangga, pemakaian sepatu hak tinggi bagi perempuan, berenang, sepeda statis dan konsumsi makanan yang kaya kalsium. Jika rasa sakit pada lutut tetap muncul maka disarankan untuk melakukan terapi bersama fisioterapis terdekat dan segera lah konsultasi kan masalah yang terjadi di sendi lutut anda.