Kenali Gejala dan Pengobatan Tuberkulosis Anak

Kamis, 10 Juni 2021 78

Tuberculosis atau yang disingkat TB merupakan penyakit yang terjadi akibat serangan bakteri basil Mycobacterium Tuberculosis pada paru-paru sehingga merupakan penyakit yang bisa disembuhkan dan bukan penyakit keturunan. Terdapat 2 tipe tuberculosis, tipe tuberculosis anak dan tipe tuberculosis dewasa. Perbedaan dari kedua tipe ini adalah penularan penyakitnya. Tuberculosis dewasa bisa menularkan ke orang dewasa dan anak-anak namun tuberculosis anak tidak dapat menular pada orang dewasa dan anak-anak.

Gejala TB pada anak yang sering muncul biasanya demam ataupun batuk dalam kurun waktu lama yang tidak disebabkan oleh suhu ataupun debu. Berat badan sulit naik dan gizi kurang juga dapat dijadikan salah satu tanda-tanda seorang anak terdiagnosa tuberculosis. Selain itu bisa juga muncul benjolan di kelenjar daerah leher rahang bawah, ketiak, selangkangan, atau benjolan dengan diameter 1cm tidak nyeri dan terdapat beberapa benjolan tidak berwarna, tidak muncul di permukaan namun hanya terasa ketika diraba. Jarak antara muncul gejala dan kontaminasi tuberculosis pada anak adalah sekitar 12 minggu.

Terdapat dua fase pengobatan, tahap intensif dan tahap lanjutan. Tahap intensif pengobatan dilakukan pada 2-3 bulan pertama yaitu dengan mengkonsumsi obat harian kombinasi dosis tetap berdasarkan berat badan anak. Anak dengan tes dahak positif akan ada evaluasi dahak pada bulan kedua, bulan ketiga dan bulan keenam. Orang tua memiliki peran penting dalam masa pengobatan sebagai Pengawas Minum Obat (PMO) karena pengobatan TB bisa sampai 9 bulan. Konsumsi obat yang teratur akan menyembuhkan gejala TB perlahan-lahan dan fungsi PMO sangatlah penting untuk tidak menghentikan pengobatan secara sendiri tanpa arahan dokter. Jika mengkonsumsi obat secara teratur pada fase tahap intensif dan gejala TB tetap ada, maka pengobatan akan diulangi dari awal. Seorang anak yang orang tuanya terkena TB juga akan mendapatkan pengobatan dengan dosis pencegahan agar tidak tertular dari orang tuanya.

Jika anak Anda mengalami keluhan seperti di atas, silahkan konsultasi dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit JIH untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Jadwal DSA dapat dilihat di https://rs-jih.co.id/schedule.