Jangan Abaikan Nyeri Sendi Osteoarthritis

Senin, 07 Juni 2021 91

Osteoarthritis (OA) adalah penyakit sendi yang terjadi karena adanya kerusakan di tulang rawan sendi dan terjadi perubahan pada tulang sehingga mengalami peradangan di dalam sendi. Penyakit osteoarthritis paling sering terjadi di sendi penyangga tubuh seperti sendi panggul dan sendi lutut. Gejala awal penyakit osteoarthristis yang sering dialami yaitu nyeri sendi dan sering terjadi di sendi pada lutut. Rata-rata usia pasien yang menderita osteoarthristis adalah di atas usia 50 tahun dengan keluhan pertama yaitu nyeri sendi dan kaku sendi.

Beberapa faktor resiko seseorang mengalami osteoarthritis adalah usia, berat badan dan faktor genetik. Hampir setiap orang yang mengalami penuaan akan mengalami penyakit osteoarthritis. Selain itu perempuan dan obesitas juga merupakan salah satu faktor seseorang berisiko terkena penyakit tersebut, untuk itu pegurangan berat badan dengan memperbanyak aktivitas fisik yang tidak terlalu berat seperti berenang, jalan kaki, dan bersepeda statis sangatlah diperlukan. Jika terlalu sering aktivitas yang membebani lutut atau berat badan yang berlebih, maka sendi akan terasa nyeri dan hal ini akan meningkatkan resiko peradangan serta terjadinya pembengkakan pada sendi.

Hasil foto rontgen pasien yang mengalami OA menunjukkan adanya penyempitan celah sendi sehingga cairan yang melumasi sendi akan berkurang dan juga terjadi pengapuran pada sendi. Penyakit osteoarthritis mempunyai beberapa tingkatan, mulai dari tingkatan ringan hingga berat. Pada tingkatan ringan, pengobatannya cukup menggunakan obat-obatan seperti obat penghilang rasa sakit. Sedangkan untuk tingkatan berat, pengobatannya akan dilakukan pembedahan dan penggantian kapsul sendi.

Penanganan nyeri sendi dilakukan dengan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu di fasilitas kesehatan, sehingga dapat ditangani sesuai dengan derajat penyakitnya karena apabila manajemennya salah, maka bisa jadi penyakit dasar tidak terobati dan memiliki efek samping karena penanganan yang salah. Selain itu, jika penderita di atas usia 50 tahun disarankan untuk rutin melakukan medical check up agar diketahui kondisi dan perkembangannya. Penyakit osteoarthritis tidak jauh dari mortalitas tetapi akan mempengaruhi kualitas hidup pasien. Edukasi kesehatan berperan penting dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat sebagai upaya pencegahan OA.