Cegah Infeksi COVID-19 Di Tempat Kerja

Kamis, 19 Maret 2020 840

Bagaimana COVID-19 Menyebar?
Ketika seseorang dengan COVID-19 batuk/bersin, terdapat kemungkinan bahwa percikan cairan infeksius akan mengenai permukaan/benda seperti meja dan telepon. Penularan dapat terjadi ketika seseorang menyentuh permukaan/benda yang terkontaminasi, lalu menyentuh mata, hidung, atau mulutnya.
Berkontak dengan orang yang menderita COVID-19 dalam jarak <1 meter dapat meningkatkan risiko penularan dikarenakan orang yang berkontak dapat menghirup percikan batuk/bersin dari orang dengan COVID-19

Tips Mencegah Penularan Di Tempat Kerja
Tips berikut ini tidak sebatas untuk mencegah penularan COVID-19, namun juga penyakit infeksius lainnya seperti demam biasa. Seluruh tempat kerja sangat dianjurkan untuk melakukan tindakan pencegahan ini meskipun tidak ada kasus COVID-19 di komunitas mereka.
1. Pastikan Tempat Kerja Bersih Dan Higienis
Permukaan (seperti meja dan rak) dan benda-benda seperti telepon, keyboard, mouse perlu dilap dengan disinfektan secara regular. Karena kontaminasi permukaan adalah salah satu cara untuk COVID-19 menyebar luas.
2. Promosikan Kebiasaan Cuci Tangan
Yang dapat dilakukan adalah sediakan selalu hand sanitizer yang mengandung 60-95% alcohol di lokasi strategis di tempat kerja. Pasang poster cuci tangan dengan benar yang sesuai dengan WHO atau kemenkes. Dan ingatkan selalu budaya Cuci Tangan, seperti mengingatkan saat di ruang kerja, di kantin, atau saat sedang rapat.
3. Promosikan Penggunaan Masker/Tisu Untuk Yang Sakit
Pasang poster etika batuk/bersin di kantor sesuai dengan WHO dan kemenkes. Sertas selalu sediakan masker dan tisu di kantor untuk pegawai yang batuk dan pilek, serta pastikan tersedia tempat sampah tertutup untuk tempat pembuangan masker dan tisu yang higienis.
4. Selalu “Aware” Dengan Keluhan
Berikan pengertian kepada pegawai dan tamu terkait: bagi yang sakit seperti batuk ringan/demam (37,3 C atau lebih) dan terlebih pernah melakukan kunjungan ke Negara epidemis COBID-19, perlu memeriksakan diri ke Rumah Sakit.
5. Anjuran Terkait Kunjungan Kerja
Berikan anjuran untuk membatasi kunjungan bisnis para karyawan serta menghindari bepergian di tempat keramaian untuk mencegah persebaran virus COVID-19.