Bersiap Menghadapi New Normal Dengan Protokol Kesehatan

Senin, 22 Juni 2020 93

Masa pandemi Covid-19 belum diketahui kapan berakhir sehingga masyarakat diharapkan mampu beradaptasi dengan menerapkan pola hidup yang baru (New Normal). Masyarakat  harus mampu dan mau mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Hal ini memerlukan kerjasama seluruh masyarakat dan pemerintah agar kurva infeksi Covid-19 berangsur turun.

Berbagai sektor di Indonesia mulai mempersiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk skenario New Normal. Kementerian Kesehatan RI juga telah menerbitkan keputusan Menteri Kesehatan Nomor: HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang panduan pencegahan dan pengendalian Covid-19 diantaranya yaitu:

1. Selalu menjaga kebersihan tangan. Kita dapat menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

2. Hindari menyentuh bagian wajah  seperti mata, hidung dan mulut saat keadaan tangan belum bersih. Hal ini dikarenakan tangan bisa menjadi sarang virus yang didapatkan dari aktivitas yang kita lakukan.

3. Menerapkan etika ketika batuk dan bersin.  Tutup dengan lengan atas bagian dalam saat kita batuk atau bersin agar virus tidak tersebar. Lengan atas bagian dalam dinilai aman menutup mulut dan hidung dengan optimal, selain itu bagian tersebut juga tidak digunakan untuk beraktivitas menyentuh wajah sehingga relatif aman. Selain itu kita juga bisa melakukan dengan menutup mulut dan hidung menggunakan kain tisu yang setelahnya harus segera dibuang ke tempat sampah.

4. Selalu menggunakan masker. Cara ini bukan hanya untuk melindungi diri kita dari infeksi virus, tetapi juga menghindari orang di sekitar kita agar tidak tertular virus. Seseorang yang terinfeksi Covid-19 belum tentu menunjukkan gejala, tapi ia sudah pasti dapat menularkan kepada orang lain jika kita tidak mematuhi protokol kesehatan. Masyarakat dianjurkan menggunakan masker kain yang dapat dicuci dan dipakai berulangkali untuk mengurangi limbah. Masker medis sekali pakai hanya diperuntukkan bagi garda terdepan seperti tenaga medis dan tenaga kesehatan.

5. Jaga jarak antar satu dengan yang lainnya setidaknya 1 meter untuk menghindari terjadinya penyebaran virus. Selain itu, kita dianjurkan untuk tidak mendatangi kerumunan, meminimalisir kontak fisik dengan orang lain dan tidak mengadakan acara yang mengundang banyak orang.

6. Lakukan isolasi mandiri kapan pun merasa tidak sehat, khususnya jika mengalami demam, batuk/ pilek/ nyeri tenggorokan/ sesak napas. Tetap berada di dalam rumah dan tidak mendatangi tempat kerja, sekolah atau tempat umum lainnya karena memiliki resiko infeksi Covid-19 dan menularkannya ke orang lain

7. Menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, berjemur di bawah sinar matahari pagi, istirahat cukup dan berolahraga. Aktivitas tersebut dipercaya dapat menghindari penularan Covid-19 dan dapat meningkatkan imunitas tubuh.

8. Ketika kembali ke rumah setelah kita melakukan aktivitas di luar, jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum kita mandi dan mengganti pakaian. Cuci pakaian dan masker dengan deterjen. Terakhir, bersihkan telepon selular atau ponsel, kacamata, dan tas dengan disinfektan.