Atasi Wasir Dengan Metode PILA

Kamis, 24 September 2020 483

Apakah Sahabat JIH pernah atau sedang mengalami ambeien? Penyakit yang umum dikenal dengan nama wasir (hemorrhoid) ini cukup umum diderita masyarakat. Wasir dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian bawah tubuh.

Apa sih sebenarnya ambeien itu?
Ambeien atau nama lain dari wasir adalah pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah di akhir usus besar (rektum), serta dubur atau anus. Biasanya penyebabnya adalah kebiasaan mengedan saat buang air besar. Ambeien merupakan penyakit yang dapat menyerang semua usia, namun angka kejadiannya tinggi pada usia 50 th keatas

Mengapa bisa terkena wasir? Ambeien atau wasir disebabkan oleh hal yang sama, yakni tersumbatnya aliran darah dari dan menuju anus sehingga menumpuk dan menyebabkan pembuluh darah membesar. Mayoritas penyumbatan darah ini disebabkan oleh konstipasi kronis, mengejan saat buang air besar, dan terlalu lama duduk di toilet. Penumpukan darah yang mengakibatkan pembuluh darah membengkak juga bisa terjadi ketika wanita hamil karena rahim terus menekan uterus sehingga otomatis juga menekan pembuluh darah. Hemoroid juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Jadi jika orangtua Anda memiliki penyakit ini, maka Anda memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kondisi yang sama. Selain itu, ambeien atau wasir juga bisa terjadi jika sering mengangkat beban berat, mengalami obesitas, serta melakukan hubungan seksual melalui anus (anal seks).

Gejala apa saja yang bisa muncul? Gejala yang umum muncul pada pasien penderita wasir adalah terasa benjolan di anus yang bisa keluar saat buang air besar, perdarahan dari anus setelah buang air besar, rasa nyeri atau gatal di sekitar anus , dan pada stadium lanjut bisa menyebabkan lemas hingga anemia

Apa saja klasifikasi wasir? Ambeien atau wasir dapat terjadi di dalam dan di luar. Ambeien dalam dapat diklasifikasikan dalam 4 derajat ambeien. Yaitu ambeien dalam derajat I dimana keluar darah yang menetes, nyeri saat buang air besar, dan dapat terasa gatal pada anus. Pada ambeien dalam derajat 2 terdapat benjolan yang keluar dari anus namun masih dapat masuk sendiri secara spontan. Sedangkan pada ambeien dalam derajat 3 didapatkan benjolan yang keluar dari anus namun untuk mengembalikan ke dalam anus harus dibantu didorong (misalnya dengan tangan). Pada ambeien dalam derajat 4 didapatkan benjolan yang keluar dari anus dan tidak dapat dimasukkan kembali.

Saat ini sudah ada teknik untuk mengatasi ambeien tanpa rasa sakit dan tanpa operasi. Teknik ini dilakukan dengan alat khusus yang tidak menyebabkan rasa sakit,  tidak menyebabkan perdarahan, dan prosedur tindakan ini hanya dilakukan dalam waktu yang singkat. Setelah tindakan pasien bebas beraktifitas tanpa rasa nyeri.  Tindakan itu disebut  PILA (Paran Injection Ligation for Ambeien). PILA adalah suatu alat ligasi atau suction megator yang disposable, untuk melakukan tindakan menyuntik, mengikat, maupun kombinasi teknik untuk penanganan wasir tanpa operasi.

Keistimewaan PILA yaitu mengurangi resiko perdarahan, rasa nyeri pasca tindakan akan minimal, dapat digunakan untuk semua derajat ambeien, mengurangi derajat tindakan hemoroidektomi, tindakan yang dilakukan mudah, singkat, dan aman. Dengan hadirnya metode ‘Pila Teknik’ ini, tindakan dapat dilakukan dengan cepat, biaya terjangkau, dan tanpa meninggalkan rasa nyeri yang berkepanjangan.