Apa Yang Perlu Kita Tahu Tentang COVID-19

Rabu, 18 Maret 2020 120

SARS-COV-2 merupakan virus corona yang belum pernah teridentifikasi sebelumnya. Sedangkan penyakit yang disebabkan oleh SARS-COV-2 disebut COVID-19. Virus corona sendiri merupakan keluarga virus yang sangat besar, Ada yang menginfeksi hewan seperti kucing dan anjing, namun ada pula jenis virus corona yang menular ke manusia, seperti yang terjadi pada COVID-19.


Penyakit COVID-19 memiliki tanda dan gejala gangguan pernafasan ringan hingga berat. Tanda dan gejala biasanya berupa demam, batuk, nyeri tenggorokan, dan sesak nafas. Tanda dan gejala tersebut akan muncul sekitar 2-14 hari setelah terpapar. Apabila seseorang mengalami tanda dan gejala seperti diatas dan baru saja kembali dari Negara endemic COVID-19, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.


Wabah COVID-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Saat ini tidak kurang dari 166 negara (tertanggal 18 Maret 2020) telah melaporkan temuan kasus COVID-19, termasuk Indonesia.


Kasus COVID-19 memang telah dilaporkan di Indonesia, namun kita TIDAK PERLU panik. Karena COVID-19 dapat dicegah dan memiliki angka kematian yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan penyakit flu yang lain seperti SARS atau MERS-CoV. 8 dari 10 orang yang terinfeksi tidak berujung fatal atau kematian.Fatalitas seringkali terjadi ketika seseorang yang berusia lanjut ataupun memiliki penyakit penyerta, seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, penyakit paru, atau kanker. Dengan gaya hidup yang bersih dan sehat, kita tidak perlu khawatir tertular penyakit tersebut.


Aplikasi gaya hidup yang bersih dan sehat perlu untuk dilakukan. Karena memiliki daya tahan tubuh yang baik akan melindungi kita dari terserangnya penyakit. Selain itu kurangi beraktivitas di keramaian untuk mencegah persebaran virus Corona. Aktif melakukan upaya pencegahan penyakit influenza juga penting dilakukan, seperti mencuci tangan dengan sabun atau dengan menggunakan cairan berbasis alcohol atau hand sanitizer. Dan apabila sakit batuk pilek pastikan memakai masker dengan cara yang benar.