Amankah Berhubungan Seksual Saat Hamil?

Rabu, 15 Januari 2020 171

Aktivitas seksual pada suami istri merupakan hal yang penting dalam sebuah pernikahan. Hamilpun bukan menjadi halangan Anda untuk tetap berhubungan intim dengan pasangan. Karena keinginan untuk bercinta saat hamil merupakan hal yang wajar. Namun yang perlu diperhatikan jangan sampai Anda dan pasangan memaksakan diri.

Pada dasarnya hubungan seksual selama kehamilan tetap dapat dilakukan dan aman dilakukan, selama itu dilakukan dengan hati-hati. Berhubungan intim saat hamil tidak akan mengganggu dan membahayakan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Memang orgasme saat seks memang dapat menyebabkan kontraksi rahim, tapi itu hanya sementara dan tidak berbahaya. Janin tidak akan terluka ketika Ibu hamil berhubungan badan dengan pasangannya. Bayi akan tetap aman terlindungi oleh cairan ketuban, otot-otot rahim yang kuat serta lender tebal yang menutupi leher rahim menjadikan janin tetap aman di dalam rahim. Sekspun juga tidak menyebabkan kelahiran premature atau keguguran. Berhubungan intim saat hamil justru memiliki banyak manfaat psikologis dan fisik, karena wanita merasa tetap dicintai oleh pasangan meskipun perubahan bentuk tubuh terjadi saat masa-masa kehamilan. Namun demikian sebaiknya hindari berhubungan seksual saat trimester pertama karena kondisi rahim yang masih lemah dan kandungan prostaglandin dalam sperma dapat menyebabkan kontraksi yang pada akhirnya dapat menyebabkan perdarahan.

Selama kehamilan anda normal, Anda boleh melakukan hubungan intim kapan saja, namun sebaiknya tidak lebih dari 3 kali seminggu. Karena terlalu sering berhubungan saat hamil akan meningkatkan resiko perempuan terinfeksi saluran kencing (ISK). ISK atau Infeksi Saluran Kencing adalah masalah yang dikhawatirkan pada setiap ibu hamil dan apabila terlambat penanganannya akan menyebabkan komplikasi pada kehamilan. Untuk posisi bercinta cobalah untuk menemukan posisi terbaik yang membuat Anda dan pasangan Anda nyaman. Sebaiknya juga mencari posisi yang tidak menyakiti Ibu sehingga tidak membuat kehamilan menjadi bermasalah. 

Hal yang tidak kalah penting dan perlu diperhatikan ketika bercinta saat hamil adalah komunikasi dan keterbukaan dengan pasangan. Karena tidak semua Ibu hamil selalu ingin berhubungan seks saat hamil. Pastikan Anda dan pasangan sama-sama merasa nyaman dengan aktivitas seksual tersebut. Karena bagaimanapun perubahan hormon saat kehamilan dapat membuat perubahan pada gairah seks pada wanita hamil.