Alat GeNose Sebagai Pendeteksi Covid

Senin, 18 Januari 2021 97

Akhir-akhir ini banyak berita beredar mengenai alat deteksi Covid yang bernama GeNose.
Sebenarnya, alat apakah itu?

GeNose merupakan alat inovasi pertama di Indonesia untuk pendeteksian Covid-19 melalui hembusan nafas guna mendeteksi  virus corona. Alat ini dibuat oleh para ahli dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang aplikasinya terhubung secara sistem untuk mendapatkan hasil secara real time. Alat deteksi Covid-19 yang disebut GeNose ini mendeteksi udara yang dihembuskan pasien COVID-19 ke dalam kantung khusus. Kemudian kantung dihubungkan ke GeNose untuk dianalisis oleh Artificial intelligence (AI).

GeNose akan mengidentifikasi virus corona dengan cara mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC). VOC terbentuk lantaran adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama napas. Orang-orang yang akan diperiksa menggunakan GeNose, terlebih dahulu diminta mengembuskan napas ke tabung khusus. Sensor-sensor dalam tabung itu lalu bekerja mendeteksi VOC. Kemudian data yang diperoleh akan diolah dengan bantuan alat tambahan hingga memunculkan hasil. Dalam waktu kurang dari 2 menit, GeNose bisa mendeteksi apakah seseorang positif atau negatif Covid-19.

Uji kalibrasi GeNose sudah dilakukan dengan menggunakan sampel data valid di beberapa Rumah Sakit khusus Covid di Yogyakarta. Hasilnya menunjukkan tingkat akurasi yang cukup tinggi, yaitu 97 persen. Selanjutnya, GeNose memasuki tahap uji diagnostik (uji klinis) yang akan dilakukan secara bertahap dan tersebar di sejumlah rumah sakit di Indonesia. Keandalan alat, keakurasian data, dan kesahihan metode yang diterapkan, diharapkan bisa meningkatkan keyakinan masyarakat untuk segera mengadopsi aplikasi GeNose bagi kepentingan masyarakat luas. Selain unsur kecepatan dan keakurasian, GeNose didesain sangat handy sehingga dapat dioperasikan oleh seseorang secara mandiri dan efisien.

Keefektifan GeNose untuk diagnosis melalui metode hembusan udara napas saat ini belum menjadi standar WHO. Namun alat ini bisa membantu untuk skrining Covid-19. Sebagai diagnosis tentunya masih sesuai standar WHO yaitu dengan PCR. Jika dibandingkan dengan alat uji virus Corona lainnya seperti rapid antigen dan swab PCR, alat ini belum bisa dikatakan sebagai alat uji yang lebih baik. Sebab, perlu adanya uji klinis untuk membandingkan dengan alat-alat uji virus Covid-19 lainnya.