PROFIL DOKTER

dr. Erika Maharani, Sp.JP (K)

dr. Erika Maharani, Sp.JP (K)

Jantung

Serangan jantung sudah tidak asing lagi bagi masyarakat modern. Namun gangguan irama jantung (aritmia) yang tidak kalah berbahayanya kiranya perlu lebih diketahui oleh masyarakat. Sayangnya di Indonesia baru ada sekitar 10 ahli jantung yang memiliki kompetensi khusus menangani aritmia ini.

Normalnya, jantung manusia berdetak sekitar 60 - 100 kali per menit. Detak jantung dikatakan tak normal jika kurang dari 60 detak per menit atau melebihi 100 detak per menit. Gangguan ini muncul karena kekacauan sinyal listrik yang berfungsi menstimulus otot jantung untuk memompa secara teratur.

Dari berbagai sumber dikatakan bahwa sekitar 2 dari 5 penderita stroke disebabkan oleh gangguan irama jantung karena darah mengalir dengan tidak semestinya atau terjadi turbulensi. Gangguan irama jantung juga bisa disebabkan adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Jika sumbatan tersebut pecah dan masuk ke pembuluh darah di otak, bisa menyebabkan stroke.Sehingga masyarakat perlu mewaspadai jika mengalami gangguan irama jantung. Biasanya gangguan mudah dideteksi karena mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Penderitanya sering lemas, mudah capek, bahkan pingsan

Dokter Jantung yang mumpuni dalam menangani kasus aritmia ini dikenal sebagai Dokter Ahli Jantung Konsultan Elektrofisiologi dan Aritmia. Alhamdulillah di rumah sakit JIH praktek dr. Erika Maharani,Sp.JP(K). Sehingga pasien-pasien dengan gangguan irama jantung di Jogjakarta bisa periksa di Rumah Sakit JIH.

Spesialisasi Jantung

- Spesialis Kardiologi dan kedokteran vaskular, FK Universitas Indonesia (2007)

- S1 Pendidikan Dokter FK Universitas Indonesia (1999)

- Jogja Cardiology Update 5th (2008)

- Seminar Updates in Medical Emergencies

- 71th Annual Scientific Meeting of The Japanese Circulation Society (JSC) (2007)

Senin -
Selasa
16:00-18:30
Rabu -
Kamis -
Jumat -
Sabtu -
Minggu -