WASPADAI HIPOGLIKEMIA BAGI PENDERITA DIABETES

Hipoglikemia adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah normal ditandai dengan menurunnya kadar glukosa darah < 60mg/dl. Pada umumnya kondisi hipoglikemia paling sering ditemukan akibat komplikasi pada individu dengan diabetes mellitus dan bisa menyerang pada orang dewasa, anak-anak, dan bayi.

Hipoglikemia paling sering disebabkan oleh penggunaan obat anti diabetes dan atau suntikan insulin yang sering digunakan untuk pengobatan pada penderita Diabetes Melitus dengan dosis yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan anjuran dokter. Selain itu hipoglikemia juga bisa disebabkan karena infeksi, tidak cukup makan atau makan terlambat, aktivitas fisik berlebihan, berpuasa, penyakit liver, gangguan endokrin, dan beberapa penyebab lainnya.

Gejala hipoglikemia terdiri dari gejala adrenergik (berdebar, banyak keringat, gemetar, rasa lapar) dan gejala neuro-glikopenik (lemas, lelah, sulit konsentrasi, pandangan kabur, pusing, gelisah, kesadaran menurun sampai koma).

Hipoglikemia harus segera mendapatkan pengelolaan yang memadai. Diberikan makanan yang mengandung karbohidrat atau gula, permen manis, atau minuman yang mengandung gula berkalori seperti teh manis atau jus buah manis, bila belum membaik atau pada pasien tidak sadar segera dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk diberikan glukosa intra vena di bawah pengawasan medis sebagai tindakan darurat.

  • By dr. Agus Eko Radittiyanto
  • 14 September 2018