TIPS MUDIK SEHAT, SELAMAT &  MENYENANGKAN

Beberapa hari kedepan,seluruh umat muslim di dunia siap menyambut hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Tradisi penuh kenangan yang selalu menghiasi kemeriahan Idul Fitri adalah tradisi mudik ke kampung halaman khususnya bagi kaum perantauan. Agar mudik bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan dan terjaga kesehatannya, berikut ini adalah tips mudik sehat, selamat dan menyenangkan.

1.Siapkan fisik sehat dan prima. Jika diperlukan konsultasi ke dokter untuk persiapan mudik dengan perjalanan yang cukup panjang dan menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda memiliki keluhan/ penyakit tertentu konsultasi dengan dokter sangat diperlukan agar kondisi tubuh lebih prima.

2.Hindari obat yang memiliki efek samping seperti mengantuk.

3.Istirahat setiap 4 jam sekali. Lakukan peregangan/streaching ringan untuk mengurangi ketegangan otot dan gunakan waktu untuk istirahat.

4.Jangan paksakan diri jika keadaan badan tidak fit, lelah, atau mengantuk.

5.Untuk pemudik dengan menggunakan kendaraan roda dua, gunakan jaket tebal, kaos kaki, sepatu, kacamata dan masker untuk menghindari cahaya silau di siang hari dan debu.

6.Cukupi konsumsi air putih, dengan selalu menyediakan selalu air mineral dalam botol di kendaraan Anda.

7.Cuci tangan dengan sabun jika Anda singgah untuk makan di perjalanan

8.Konsumsi makanan yang sehat dan bersih.

9.Gunakan toilet yang tersedia sepanjang perjalanan seperti SPBU, Rest Area untuk buang air kecil atau buang air besar. Jangan menahan untuk buang air kecil dalam perjalanan yang panjang, karena hal ini berpotensi sebagai penyebab infeksi saluran kemih (ISK)

10.Manfaatkan posko kesehatan yang tersedia di jalur mudik yang tersedia selama lebaran. *ny

  • By dr. Prabata
  • 21 June 2017