TIDAK BOLEH KESERINGAN MEMBERSIHKAN TELINGA

Ear wax atau sering disebut kotoran telinga adalah zat seperti lilin yang diproduksi oleh kulit liang telinga. Ear wax ini berguna untuk melindungi liang telinga dari infeksi jamur, bakteri ataupun hewan kecil-kecil yg masuk ke dalam telinga. Ear wax juga berguna sebagai pelembab liang telinga, sehingga kulit tidak kering dan mudah terasa gatal.

Ear wax dalam liang telinga sebenarnya dapat keluar sendiri dari liang telinga tanpa harus dibersihkan dengan cotton bud, ear candle ataupun alat pembersih telinga yang dijual abebas. Karena ear wax akan bergerak keluar bersamaan dengan gerakan mulut kita saat berbicara dan mengunyah makanan. Kita cukup membersih ear wax yang sudah berada di luar liang telinga, tanpa harus mengorek kedalam liang telinga. Gerakan mengorek ke dalam liang telinga dapan menyebabkan ear wax terdorong lebih dalam dan menyumbat liang telinga, juha dapat menyebabkan luka n infeksi liang telinga.

Pada kasus-kasus tertentu seperti orang dengan produksi ear wax berlebihan, orang dengan anatomy liang telinga yg kecil ataupun bengkok, memang perlu bantuan dokter ahli THT-KL untuk membersihkan liang telinga secara berkala, krn terkadang ear wax tidak dapat keluar sendiri. Kita dianjurkan untuk rutin memeriksakan kesehatan telinga ke dokter THT-KL terdekat setiap 6 bulan sekali.

-Sayangi Telinga Anda-
  • By dr. Dwi Erike Stefhani, Sp.THT.KL.,M.Kes
  • 30 October 2017