TERAPI SENI SEBAGAI PEREDA STRESS

Stres adalah suatu perasaan yang dialami apabila seseorang menerima tekanan. Beberapa gejala stres mungkin sering kita alami namun tidak disadari seperti: sulit tidur, merasa sedih dan tertekan, sulit berkonsentrasi, selera makan berubah, senang menyendiri dan tidak nyaman berinteraksi dengan orang lain,sering marah dan mudah tersinggung, merasa takut, cemas dan gelisah, atau mimpi buruk terus menerus.Terkadang gejala-gejala stres ini menimbulkankeluhan fisik yang menetap (misalnya sakit perut dan sakit kepala), membuat prestasi di sekolah dan kinerja di kantor menurun,atau membuat kita menjadi tidak mampu untuk mengerjakan tugas dan mengatasi masalah sehari-hari.

Jika stres dibiarkan berkepanjangan makadapat menimbulkan masalah kesehatan jiwa seperti gangguan emosi, cemas dan depresi.Oleh karena itu, kita membutuhkan energi yang cukup dan strategi untuk menghadapi stres yang terjadi.

Berbagai studi menunjukkan penggunaan seni dalam ‘penyembuhan’ stresdapat membantu proses terapi. Dengan kegiatan seni seperti melukis, mewarnai, mendengarkan musik, seni tari, drama, fotografi dan aktivitas seni lainnya dapat meningkatkan perasaan nyaman dan relaksasi serta mengurangi ketegangan.Aktivitas saraf di otak juga menjadi tenang sehingga membantu mengembalikan fungsi sistem kekebalan tubuh melalui aksi di bagian otak tengah yang bernama amygdala dan hipotalamus. Terapi seni juga dapat mengurangi tingkat kortisol serum (kortisol adalah salah satu hormon stres dalam tubuh).

Melalui kegiatan seni yang penuh kreativitas dan imajinasi, kecemasan dan perasaan tertekan yang dialami seseorang akan berkurang. Aktivitas seni juga mendorong seseorang untuk berpikir secara kreatif dan artistik sehingga ia tidak hanya berfokus pada penyakit dan gejala stres yang dialaminya. Seni juga membantu seseorang untuk mengekspresikan pengalaman atau perasaannya yang tidak bisa diungkapkan lewat kata-kata, contohnya pada penderita penyakit kanker atau pasien usia anak-anak. Seni juga meningkatkan emosi positif sehinggaseseorang dapat menemukan kekuatan penyembuhan lewat kegiatan seni yang dilakukannya.

Oleh karena itu, seni bukan hanya sekedar hobi. Anda dapat mengembangkan aktivitas seni untuk membantu anda mengatasi stres sehari-hari. Selamat mencoba.

  • By dr. Herlina Pohan SpKJ
  • 26 December 2018