REDUSI STRESS SAAT HAMIL

Selama masa kehamilan, bayi yang Anda kandung akan terpapar berbagai macam hal yang terjadi pada Anda, ibunya, termasuk udara yang Anda hirup, makanan yang Anda konsumsi, bahkan emosi yang Anda rasakan. Apabila ketika hamil sang ibu merasa bahagia dan tenang, bayi akan berkembang di lingkungan yang menyenangkan dan menanangkan juga. Begitupula dengan sebaliknya, apabila sang ibu merasakan emosi-emosi neatif seperti stres dan cemas, hormon sang ibu pun akan mempengaruhi tumbuh kembang tubuh dan otak bayi.

Oleh karena itu, ada baiknya apabila selama masa kehamilan, ibu menjaga kesehatan emosinya, postive thinking dan mampu mengelola stres dengan baik, agar kehamilan berjalan dengan lancar dan bayi dapat berkembang secara optimal.

Berikut adalah beberapa tips untuk mereduksi stres selama kehamilan: 1. Dengarkan tubuh Anda. Ketika tubuh Anda memberikan “sinyal” kelelahan, istirahatlah. 2. Lebih penting bagi Anda untuk fokus pada perkembangan janin yang optimal, sehingga Anda harus istirahat cukup. Ungkapkan apa yang Anda rasakan. Bisa kepada suami atau orangtua (keluarga), atau sharing dengan moms-to-be. Mengungkapkan apa yang Anda rasakan dapat membuat Anda merasa lebih baik. 3. Eat well. Konsumsi makanan yang bernutrisi, tapi Anda juga boleh sekali-sekali mengonsumsi makanan favorit Anda (meskipun tidak terlalu menyehatkan), karena Anda juga perlu merasa bahagia dan tidak tertekan atas kehamilan Anda. 4. Berolahraga. Karena, olahraga dapat meningkatkan hormon endorphine yang membuat Anda merasa bahagia
5.Lakukan hal-hal yang membuat Anda merasa bahagia seperti melakukan hobi, bertemu dengan teman-teman, menonton film, atau sekali-kali melakukan beauty treatments. Be nice to yourself because you deserve it.

Nikmati Masa kehamilan dengan bahagia bersama suami

  • By Analisa Widyaningrum M.Psi
  • 29 January 2018