PERADANGAN PADA TENDON

Apakah anda sering nyeri di daerah bahu, siku, pergelangan tangan dan tumit saat digerakkan? Jika iya bisa jadi anda terkena Tendinitis. Apakah tendinitis itu? Tendinitis atau tendonitis adalah peradangan yang terjadi pada tendon. Tendon merupakan struktur elastis yang menghubungkan otot dengan tulang. Tendinitis dapat terjadi dimana saja, daerah yang paling sering terjadi siku, pergelangan kaki, bahu, panggul, lutut, jari, dan pergelangan tangan.

Tendinitis dapat disebabkan oleh karena trauma, penggunaan yang berlebih, atau penurunan elastisitas karena proses penuaan. Kencing manis dan usia lanjut merupakan risiko yang menyebabkan tendinitis. Tendinitis dapat kita cegah antara lain dengan menghindari aktivitas yang memberikan tekanan pada otot tendon; lakukan kombinasi olahraga yang dilakukan, seperti berlari dengan latihan ringan seperti bersepeda atau renang; pemanasan terlebih dahulu.

Apabila anda mengalami nyeri pada siku, pergelangan kaki, bahu, panggul, lutut, jari, dan pergelangan tangan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan nantinya akan dilihat bagaimana keadaan dari peradangan yang sudah terjadi dan salah satu terapinya dapat dilakukan tindakan fisioterapi untuk peregangan dan penguatan tendon dapat digunakan untuk mengembalikan kemampuan tendon dan mencegah luka selanjutnya. *ny

  • By dr. Airin Angelina, Sp.S
  • 07 August 2017