PENGATURAN MAKAN PADA DIET PEMBENTUKAN OTOT

Berbicara tentang pengaturan pola makan dan diet disini terdapat kunci untuk berdiet sendiri yaitu kita harus mengkonsumsi bahan makan yang mengandung nutrisi yang lengkap yaitu yang mengandung Karbohidrat, protein, lemak dan serat. Didalam melakukan diet pembentukan otot ini selain kita harus makan makanan yang bernutrisi lengkap perlu kita perhatikan adalah cara pengolahan atau penyajian makanan tersebut, serta tidak kalah pentingnya yaitu pola, intensintas dan frekuensi kita latihan beban. Serta pola istirahat kita harus kita perhatikan. Berikut adalahs contoh bahan makan yang baik untuk kita konsumsi untuk menunjang program diet pembentukan otot.

• Sumber Karbohidrat : Karbohidrat yang dapat kita konsumsi yaitu terdapat pada karbohidrat kompleks seperti Nasi Merah,dalam diet ini nasi merah lebih disarankan dripada nasi putih karena Indeks Glikemik lebih rendah,dan kaya serat Kentang : kentang dapat diolah dengan cara direbus atau dipanggang lebih dianjurkan daripada mengolah dengan digoreng Roti Gandum, roti gandum lebih disarankan daripada roti putih biasa karena mengandung indeks glikemik rendah dan serat yang tinggi Ubi/sweet potato sumber makanan ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan karbohidrat dan gula alami dari bahan makanan yang akan cepat diserap tubuh, ubi/sweet potato bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah kita melakukan latihan angkat beban/Gym Oatmeal: oatmeal bisa kita gunakan sebagai sumber KH sebelum/sesudah latihan beban, karena nilai IG pada oatmel lebih rendah daripada nasi putih terutama oatmeal cooking

• Sumber Protein : Konsumsi protein untuk pembentukan otot adalah hal yang harus kita perhatikan, sumber protein untuk diet ini bisa berasal dari hewani dengan kombinasi nabati, atau dapat dengan mengkonsumsi protein hewani yang bersumber dari daging putih (Ikan, dada ayam), putih telur dan daging sapi tanpa lemak. Dengan cara memasak dikukus, dibakar, atau dibacem, usahakan untuk jangan terlalu sering konsumsi protein dengan cara pengolahan digoreng. Kandungan protein dalam ikan 20-25 gr/100 gr, telur 3 gr/ butir telur, dada ayam 25 gr/ 100 gr, dan daging sapi 20-25 gr /100 gr Perlu diperhatikan apabila rekan2/ fitness mania mengkonsumsi protein dengan jumlah yang banyak/ tinggi, rekan2 juga harus banyak minum air putih/ intake cairan harus saangat diperhatikan Kombinasikan sumber protein hewani dan nabati (kacang-kacangan) untuk memperoleh Asam Amino yang lebih lengkap

• Lemak : sumber lemak yang bisa didapatkan dalam pengolahan makanan untuk diet ini bisa didapat pada minyak zaitu, minyak jagung atau canola oil.

• Buah dan sayur ; Untuk fitness mania yang keleb8ihan berat badan / takut mengkonsumsi karbohidrat akan menaikan BB, rekan2 bisa menggantinnya dengan sumber KH yang tinggi serat yaitu sayur dan buah, seperti contoh untuk sayur yaitu brokoli yang kaya serat dan untuk buah yaitu Pisang yang mengandung KH dan gula alami yang tinggi dan akan cepat diserap tubuh, lebih baik mengkonsumsi sayur dengan cara direbus/ dikukus saja dan pada waktu sebelum latihan. Untuk konsumsi buah bisa sebelum dan sesudah latihan beban.

  • By Baskara Mahardisatya
  • 07 August 2018