NYERI ANKLE

Apakah pernah merassakan nyeri yang tak tertahankan pada bagian pergelangan kaki pada saat melakukan aktivitas sehari-hari? atau saat berjalan kaki, tak jarang juga pada saat kita sedang melakukan olah raga. Pergelangan kaki sangat penting untuk mobilitas manusia, masalah apapun yang berhubungan dengan sendi atau tendo, ligamen, dan otot-otot sekitar pergelangan kaki dapat menyebabkan rasa sakit. Terkadang dapat terjadi pembengkakan dan memar di sekitar pergelangan kaki yang dapat membuat rasa nyeri pada saay berdiri bahkan berjalan.

Penyebab nyeri pergelangan kaki antara lain : a. Reumatoid artritis – Penyakit ini termasuk gangguan sistem kekebalan tubuh, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel sinovial atau cairan pelumas yang melancarkan pergerakan sendi. Oleh sebab itu, setiap sendi bergerak, pasien akan merasa sangat nyeri. b. Tendonitis – Penyakit ini memengaruhi tendon; jaringan ikat tebal yang menyatukan otot dan tulang. Peradangan atau iritasi tendon yang menjadi ciri penyakit ini, akan menimbulkan rasa nyeri dan membatasi pergerakan. c. Gout– Penyakit ini adalah bentuk dari artritis yang diperburuk oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Penyakit ini ditandai oleh kristal urat yang terkumpul pada sendi. d. Bursitis – Penyakit ini ditandai dengan peradangan bursa. Bursa adalah suatu lapisan pelindung sendi seperti kantung, yang mencegah gesekan dan rasa nyeri saat otot dan tendon bertemu dengan tulang. e. Pergelangan kaki keseleo – Cedera ini ditandai dengan robekan otot pada pergelangan kaki yang biasanya diakibatkan oleh trauma, otot yang terlalu bekerja keras, atau pergerakan sehari-hari.

Rasa nyeri dapat diredakan dengan menggunakan obat-obatan penghilang rasa nyeri, akan tetapi bila masih terdapat rasa nyeri pergelangan kaki anda dapat menemui dokter,sehingga dapat memeriksa gejala lainnya untuk menentukan penyebab rasa nyeri.

Jika rasa nyeri tidak kunjung sembuh dan semakin memberat, langsung konsultasikan ke dokter spesialis saraf RS “JIH” yang dapat ditemui setiap Senin s/d Minggu jam 08.00 s/d 18.30 WIB. Untuk jadwal praktek dokter spesialis dan sub-spesialis konsultan dapat menghubungi Call Center RS “JIH” di (0274) 446 3535 ext 100/115/237. *ny

  • By dr. Airin Angelina, Sp.S
  • 21 July 2017