NAFAS SEGAR SELAMA PUASA

Bulan ramadhan atau bulan puasa adalah bulan yang ditunggu oleh umat islam karena bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan. Pada bulan ini seluruh umat muslim melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Namun terkadang kita merasa kurang percaya diri saat berpuasa karena faktor bau mulut yang kurang sedap. Sehingga tidak sedikit dari kita yang kemudian “puasa bicara” atau kemudian memilih untuk menghindari percakapan dengan orang lain.

Puasa dan bau mulut adalah hal yang berdekatan, namun sangat bisa dicegah. Mari kita ketahui lebih dalam mengenai penyebab bau mulut dan cara menguranginya.

Faktor Timbulnya Bau Mulut Ketika Puasa

  1. Makanan yang dikonsumsi saat santap sahur yang cenderung berbau menyengat. Ketika berpuasa produksi air liur akan berkurang, akibatnya bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau tidak sedap dimulut.

  2. Penyebab bau mulut lainnya juga bisa terjadi karena datang dari dalam tubuh, seperti yang dialami pengidap diabetes atau maag.

  3. Adanya sisa makanan yang terselip pada gigi terutama gigi yang berlubang.

Tips Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa

  1. Minum air putih 2-3 liter/hari ketika sahur dan berbuka, dapat membantu mengurangi bau mulut disiang hari.

  2. Menggosok gigi dengan sempurna dan menggosok lidah, juga dapat mengurangi bau mulut saat puasa

  3. Hindari makanan berbau tajam seperti petai, jengkol atau durian.

  4. Tidak merokok saat sahur dan berbuka.

  5. Tidak mengkonsumsi makanan yang lengket seperti cokelat, eskrim, biskuit, dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, ditambahakan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.

  6. Gunakan obat kumur untuk hasil mulut yang lebih bersih maksimal.

  7. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi dari makanan busuk yang menyebabkan bau mulut.

  8. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.

  9. Berolahraga ringan yang disesuaikan dengan kondisi fisik.

  10. Periksakan kedokter gigi apakah ada gigi yang berlubang dan perlu dirawat.

  11. Bila telah melakukan cara-cara diatas bau mulut Anda masih juga belum berkurang, maka konsultasikanlah kedokter karena baumulut juga bisa terjadi karena faktor dari dalam tubuh (maag), gangguan pernapasan, diabetes atau penyakit dalam lainnya.

Kini kita dapat mengetahui penyebab dari bau mulut dan juga solusinya. Semoga ibadah puasa kita menjadi lebih khusyu dan lancar dalam beraktifitas serta beribadah.

  • By drg. Mirza Mangku Anom
  • 21 May 2018