Mengurangi Stress Saat Kehamilan

Pada masa kehamilan terutama pada masa awal kehamilan biasanya wanita hamil mudah sekali mengalami beberapa kondisi seperti perubahan mood dan emosi yang seringkali berubah-ubah. Hal tersebut wajar terjadi karena adanya pengaruh dari perubahan kadar hormonal yang terjadi dalam tubuhnya seperti perubahan hormon progesteron dan esterogen yang mengalami peningkatan. Dan selama masa kehamilan, bayi yang Anda kandung akan terpapar berbagai macam hal yang terjadi pada ibunya, termasuk udara yang Anda hirup, makanan yang Anda konsumsi, bahkan emosi yang Anda rasakan. Apabila ketika hamil sang ibu merasa bahagia dan tenang, bayi akan berkembang di lingkungan yang menyenangkan dan menenangkan juga. Begitupun sebaliknya, apabila sang ibu merasakan emosi-emosi negatif seperti stres dan cemas, hormon sang ibu pun akan mempengaruhi tumbuh kembang tubuh dan otak bayi. Oleh karena itu, ada baiknya apabila selama masa kehamilan, ibu menjaga kesehatan emosinya, postive thinking dan mampu mengelola stres dengan baik, agar kehamilan berjalan dengan lancar dan bayi dapat berkembang secara optimal.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi stres selama kehamilan:

1. Lakukan hal-hal yang membuat Anda merasa bahagia, seperti mendengarkan musik, bertemu dengan teman-teman untuk sekedar berbincang, melakukan hobi seperti menonton film, memasak, atau sekali-kali melakukan “me time” seperti melakukan beauty treatments

2. Penting bagi Anda untuk fokus pada perkembangan janin yang optimal, sehingga Anda harus istirahat cukup. Ungkapkan apa yang Anda rasakan. Bisa kepada suami, orangtua (keluarga), atau sharing dengan moms-to-be. Mengungkapkan apa yang Anda rasakan dapat membuat Anda merasa lebih baik

3. Dengarkan tubuh Anda. Ketika tubuh Anda memberikan “sinyal” kelelahan, istirahatlah.

4. Konsumsi makanan yang bernutrisi, tapi Anda juga boleh sekali-sekali mengonsumsi makanan favorit Anda (meskipun tidak terlalu menyehatkan), karena Anda juga perlu merasa bahagia dan tidak tertekan atas kehamilan Anda

5. Berolahraga. Karena olahraga dapat meningkatkan hormon endorphine yang membuat Anda merasa bahagia

6. Nikmati masa kehamilan dengan bahagia bersama suami dengan melakukan kegiatan bersama-sama. Seperti memasak, berkebun, atau berlibur ke suatu tempat yang tenang.

Yang terpenting saat kehamilan adalah always be nice to yourself, because your baby deserve it. Karena baby Anda berhak untuk mendapatkan kenyamanan dan ketenangan saat kehamilan sehinga tumbuh kembangnya akan maksimal.

  • By dr. Aninda Dian Anggraeni
  • 29 March 2019