MENGENAL ANOSMIA, PENYAKIT YANG MENGANGGU INDERA PENCIUM

Terjadi gangguan perasa saat flu sering terjadi, salah satunya disebabkan karena adanya penurunan kemampuan membau atau penghidu bau makanan yang kita santap.Keadaan ini dapat disebabkan peradangan dalam hidung (Rhinitis) atau dalam sinus (Sinusitis), sehingga saraf penghidu (n.olfactorius) ikut meradang dan tertutup jaringan sekitarnya yang meradang juga. Karena peradangan ini, fungsi penghidu akan berkurang (hiposmia) atau hilang sama sekali (anosmia).

Selain karena rhintis dan sinusitis, hiposmia atau anosmia dapat disebakan karena adanya trauma kepala yang mencedrai hidung ataupun otak, dapat juga disebabkan adanya tumor dalam hidung, sinus atau dalam otak.Selain itu dapat juga disebabkan karena pengaruh paparan zat kimia berbaya pada hidung seperti asap rokok dan zat asam kuat. Riwayat operasi hidung juga dapat menyebabkan gangguan ini.

Pada orang-orang dengan gangguan psikogenik terkadang juga mengalami gejala hiposmia dan anosmia. Keadaan ini biasanya akan bertahan selama peradangan masih terjadi, dan dapat kembali normal secara bertahap selama beberapa hari samapai beberapa bulan, tergantung keparahan penyebabnya. Tapi ada beberapa kasus yang berat dan menyebabkan anosmia yg menetap.

Maka dari itu, apabila kita mengalami gejala hiposmia atau anosmia yg terjadi lebih dari 1 minggu, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter THT-KL agar segera diketahui penyebabnya dan segera dilakukan tatalaksana terapinya.

  • By dr. Dwi Erike Stefhani, Sp.THT.KL.,M.Kes
  • 25 February 2019