MANFAAT BABY LED WEANING PADA ANAK

Secara tradisional biasanya orangtua memberikan MPASI atau Makanan pendamping ASI bagi balita yang sudah memasuki usia 6 bulan. Hampir sama dengan metode Baby Led Weaning hanya saja metode BLW ini lebih melibatkan bayi untuk bisa makan dan menyuapi sendiri makanannya.

Baby Led Weaning merupakan metode mengajarkan balita untuk bisa menyuapi makanan sendiri, tentunya dengan pengawasan dari orangtua. Metode ini memberikan kesempatan pada anak untuk memegang dan menyuapi makanannya sendiri dengan resiko mendapati anak hanya bermain dengan makanannya. Tetapi jika hal tersebut dibiasakan pada anak, akan membuat anak dapat dengan cepat belajar makan sendiri.

Makan bersama dengan mengikut sertakan anak merupakan waktu yang pas melakukan metode BLW ini. Dengan menyediakan finger-foods yang sesuai dengan genggaman tangan anak. Resiko yang sering kali dialami oleh para orangtua yang menggunakan metode BLW mendapati anak tersedak. Tetapi selama orangtua selalu menjaga dan memilih makanan yang tepat, maka anak akan aman.

Berikut beberapa langkah buat ayah dan bunda supaya anak aman dari resiko :
1. Posisi anak menegakkan dada selama proses makan dan dapat mempertahankan posisi tersebut saat makan. Jangan paksakan anak jika dia tidak sanggup.
2. Ayah dan bunda mendampingi anak saat makan. Ketika makan bersama dalam satu meja akan menambah nafsu makan anak.
3. Memilih makanan untuk anak dari ukuran, tekstur, dan kadar gizi. Ukuran yang pas adalah seukuran jari tangan orang dewasa (finger-foods). Tekstur yang tepat adalah makanan yang lembut dan mudah digenggam anak. Kadar gizinya pun harus sesuai dengan umur anak dan jauhi fast food dan makanan yang mengandung banyak gula.
4. Tetap lanjutan member ASI karena kandungan nutrisi dari ASI juga sangat bagus untuk anak.
5. Persiapkan lap tangan dan alas pada meja anak untuk menghindari makanan yang susah dibersihkan pada meja.

Jika Ayah dan bunda merasa metode ini merupakan metode yang tepat bagi anak anda, maka segera konsultasikan kepada dokter spesialis anak yang berbakat di metode BLW itu sendiri. Tetapi jika metode ini dirasa tidak cocok, maka lanjutkan member MPASI pada anak.
  • By dr. Ade Indrisari, M. Kes, Sp.A
  • 27 November 2017