KESEMUTAN, IRITAS SERABUT SARAF

Pernahkah Anda merasa kesal saat mengetik karena ujung-ujung jari terasa kebal akibat kesemutan? Biasanya kesemutan dianggap sepele, karena sering terjadi akibat salah posisi duduk atau otot yang tegang. Padahal bila kesemutan yang Anda alami tidak disebabkani oleh kedua hal itu, maka kesemutan adalah warning telah terjadi gangguan kesehatan yang serius.

Kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.

Bila kesemutan tak hilang setelah bagian tubuh digerakkan, atau semula hanya dialami sebagian kecil organ tubuh namun kemudian merambat ke bagian yang lebih luas; atau bila semula hanya terjadi sekali-sekali dan menjadi kian sering; atau bila kesemutan menjadi rasa kebal, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter saraf. Kesemutan jenis ini merupakan gejala penyakit serius. Dokter akan menyelidiki bagian tubuh yang mengalami kesemutan, luasnya, tempat awal kesemutan, dan perkembangan kesemutan itu sejak awal. Semua informasi ini akan menunjukkan penyebab masalah. Bisa jadi pada saraf tepi, pada otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak.

Jangan sepelekan gejala awal yang muncul, kenali lebih dini bersama dengan dokter Anda. Semakin Anda mengetahui lebih dini akan sangat membantu dalam terapi medis dan penyembuhan akan lebih baik. *ny

Oleh : dr Airin Angelina, Sp. S Jadwal Praktek Senin, Rabu 10.00 – 19.00 WIB; Selasa, Kamis 10.00 – 17.00 WIB Sabtu 12.00 – 19.00 WIB; Minggu 13.00 – 18.00 WIB

  • By dr. Airin Angelina, Sp.S
  • 11 August 2017