MENGENAL TERAPI AKUPUNTUR MEDIK

Dengan berkembangnya ilmu kedokteran dan banyaknya riset ilmiah maka saat ini bermacam metode pengobatan dapat dijadikan pilihan, salah satunya Akupunktur Medik. Akupunktur atau istilah sederhana ‘tusuk jarum’ yaitu metode pengobatan dengan merangsang titik-titik akupunktur yang terletak di permukaan tubuh untuk tujuan pemeliharaan kesehatan, pencegahan, pengobatan dan pemulihan penyakit. Sedangkan Akupunktur Medik adalah penyatuan ilmu akupunktur tradisional dengan ilmu biomedik kontemporer sesuai dengan kaidah ilmiah yang berlaku. Akupunktur tradisional telah dipraktikkan di Cina sejak lebih dari 4000 tahun yang lalu.Tahun 1970-an Akupunktur Medik mulai dikembangkan dan cukup populer di Amerika dan Eropa. Tahun 1991 Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyetujui akupunktur untuk diterapkan sebagai metode pengobatan dalam sistem kesehatan tiap negara anggota.

Apa itu titik akupunktur? Yaitu titik-titik pada permukaan tubuh yang peka rangsang dan memiliki tahanan listrik serta kepadatan jaringan saraf tertentu. Bagian tubuh yang biasanya di-akupunktur adalah kulit kepala, daun telinga, wajah, daerah batang tubuh, anggota gerak atas dan bawah.Pemilihan titik akupunktur oleh dokterberkompeten dilakukan sesuai kebutuhan, berdasarkan efek yang diinginkandengan mempertimbangkan berbagai faktor risiko.

Apa yang terjadi dalam tubuh saat akupunktur? Perangsangan titik akupunktur umumnya dilakukan dengan jarum khusus yang dinamakan ‘akupunktur manual’, dan dapat juga jarum yang telah ditusukkan tadi dialirkan listrik tegangan rendah dari alat elektrosimulator yang dinamakan ‘elektroakupunktur’, ataupun dengan menggunakan batang moksa yang dipanaskan kemudian diarahkan ke titik akupunktur yang dimaksud, maka tindakan ini dinamakan moksibusi.Akupunktur akan memberikan efek tertentu pada titik akupunktur dan bagian tubuh lain yang saling berhubungan melalui saraf tulang belakang hingga otak untuk mencapai homeostasis yaitu keseimbangan sistem metabolisme tubuh.

Apa keuntungan akupunktur? Tindakannya sederhana, pasien terbebas dari efek samping obat karena akupunktur tidak menggunakan obat-obatan, dan efek terapi yang diinginkan dapat bertahan lama (jangka panjang). Akupunktur sebagai penunjang terapi bila digunakan bersamaan dengan obat-obat lain maka dapat meredakan efek samping obat yang mungkin timbul, dan menopang kerja obat lebih efektif dan efisien serta dapat mengurangi angka kekambuhan penyakit yang diderita pasien.

Apakah tindakan ini aman? Aman, jika dilakukan oleh dokter spesialis akupunktur medik berpengalaman, dan juga karena jarum yang digunakan ukurannya sangat kecil (hanya seperempat diameter jarum jahit), jarum steril, sekali pakai langsung buang serta efek samping yang minimal. Dan aman dilakukan pada bayi hingga lanjut usia.

Penyakit/Gangguan Kesehatan apa saja yang bisa diakupunktur? Selain berperan pada program pelangsingan tubuh dan upaya kecantikan ternyata manfaat akupunktur sangatlah luas. Akupunktur dapat meredakan berbagai nyeri diantaranya nyeri haid, nyeri wajah, migren, dan lainnya hingga nyeri bekas infeksi herpes. Dapat mengatasi kelumpuhan wajah satu sisi (Bell’s palsy) ataupun kelumpuhan karenastroke.Meredakan gangguan fungsi saluran cerna atas, gangguan fungsi organ reproduksi dan seksualperempuan dan laki-laki. Dapat menanggulangi keadaan alergi seperti: asma (bengek), eksim, pilek akibat alergi dan biduran, mengurangi ketergantungan terhadap: alkohol, obat psikotropika dan rokok. Berperan pada gangguan metabolisme tubuh seperti: tekanan darah tinggi, gula darah tinggi kolesterol darah tinggi dan asam urat tinggi.

Adakah efek sampingnya? Bagaimanapunsetiap pengobatan memiliki risiko serta efek samping, begitu juga terapi akupunktur, yang paling ringan yaitu kulit membiru di bekas tusukan karena ada pembuluh darah kecil yang pecah. Tidak semua bekas tusukan akan membiru, sebagai contoh jika ada 10 titik akupunktur yang ditusuk maka yang berdarah hanya maksimal 1 sampai 2 titik saja atau bahakan tidak sama sekali. Nyeri atau rasa tidak nyaman di sekitar daerah penusukan yang dapat segera reda. Sedangkan efek samping yang seriuskemungkinan dapat terjadi jika akupunktur dilakukan oleh mereka yang tidak berkompeten, namun demikian risiko tersebut dapat diperkecil apabila dilakukan oleh dokter spesialis akupunktur medik.

Durasi Terapi kapan saja? Untuk mencapai hasil pengobatan yang optimal maka akupunktur umumnya dilakukan 1 seri yang terdiri dari 12 kali terapi dengan jadwal terapi 2 kali per minggu.

  • By dr. Harizah Umri, Sp.Ak
  • 23 April 2018