Tips Mengurangi Keluhan Mata Lelah

Mata lelah sangatlah mengganggu aktivitas dan menimbulkan rasa tidak nyaman, apalagi jika kondisi tersebut terjadi saat Anda melakukan aktivitas sehari-hari seperti membaca, menyetir kendaraan, atau saat bekerja.

Mata lelah merupakan gangguan mata yang disebabkan karena peggunaan mata dalam jangka waktu yang lama tanpa istirahat. Umumnya mata lelah bukanlah masalah yang serius dan dapat hilang sendiri setelah kita mengistirahatkannya.

Kondisi mata lelah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

• Menatap layar komputer atau gadget dalam jangka waktu lama

• Terlalu banyak membaca dengan jarak yang terlalu dekat ataupun terlalu jauh

• Menyetir dengan jarak tempuh jauh tanpa beristirahat

• Terpapar sinar yang sangat menyilaukan mata

• Melihat di dalam ruangan dengan cahaya yang minimal

• Adanya kelainan refraksi pada mata

Gejala mata lelah yang sering dirasakan, antara lain:

• Mata terasa pedih dan berair atau kering

• Mata terasa nyeri, merah dan kadang terasa gatal

• Mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya

• Pandangan menjadi berbayang atau kabur

Untuk mencegah mata lelah, Anda dapat mencoba beberapa tips di bawah ini:

• Perhatikan pencahayaan ruangan. Usahakan agar pencahayaan ruangan tidak terlalu terang ataupun terlalu redup, sehingga tidak menyilaukan atau melelahkan mata. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan layar komputer agar pencahayaannya tetap ideal.

• Atur pencahayaan, arah dan posisi layar komputer. Mengatur pencahayaan layar komputer bisa dilakukan dengan bantuan filter. Saat beraktivitas dengan komputer, pastikan selalu menjaga jarak aman antara layar dan mata, yaitu sekitar 50-60cm. Sedangkan jarak ideal saat anda membaca buku adalah 30cm. Mengalihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa saat juga bisa membantu mengurangi kelelahan pada mata.

• Istirahatkan mata secara berkala selama 20 detik. Saat mengoperasikan komputer atau membaca, Anda dianjurkan untuk sesekali beristirahat dari kegiatan tersebut. Beristirahatlah setiap 20 menit, lalu istirahatkan mata Anda setidaknya selama 20 detik.

• Mata lelah juga bisa dicegah dengan perawatan mata, di antaranya mengompres mata dengan kain yang sudah dibasahi air hangat, atau menggunakan tetes mata untuk menyegarkan mata saat mulai merasa mata kering.

• Saat membaca sudah terlalu melelahkan mata, sering-seringlah berkedip. Jika perlu, beralihlah sejenak dari bacaan sehingga mata bisa beristirahat. Tutup mata dan pijatlah bagian pelipis selama beberapa menit agar rasa lelah pada mata berkurang.

• Perbanyak makan makanan yang mengandung banyak vitamin A seperti yang ada pada buah-buahan dan sayur. Vitamin A mengandung senyawa retinol yang berperan dalam fungsi penyaluran objek yang diterima oleh retina mata ke otak.

• Tidurlah yang cukup, karena itu sangat penting untuk kesehatan mata. Selama tidur, mata juga akan beristiahat dan mendapatkan nutrisi untuk perbaikan jaringan sehingga mata lelah dapat teratasi.

• Jika mata Anda terasa kering dan mengedip-ngedipkan mata tidak membantu, obet tetes mata dapat digunakan. Anda juga bisa menutup mata lalu mengompresnya dengan waslap yang sudah dibasahi air hangat.

Jika Anda merasakan gejala-gejala mata lelah yang tak kunjung membaik, segera saja berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  • By dr. Aninda Dian Anggraeni
  • 21 March 2019