Manfaat dan Kegunaan EKG Holter Untuk Pemeriksaan Jantung

Keluhan nyeri dada, berdebar-debar, atau nafas tidak lega saat bekerja atau sedang melakukan aktivitas kadang dapat dirasakan, dan tentunya hal tersebut cukup mengganggu. Pemeriksaan dini di poli rawat jalan oleh dokter merupakan salah satu keputusan yang tepat untuk mengetahui penyebabnya. Pemeriksaan awal yang dapat dilakukan antara lain dengan pemeriksaan fisik dan rekam jantung atau EKG. Ketika hasilnya dibaca oleh dokter yang memeriksa, bias jadi hasilnya normal. Jika hasilnya demikian, tentunya akan ada kelegaan yang dirasakan oleh orang tersebut.

Namun apabila sudah pulang ke rumah dan melakukan aktivitas sehari-hari keluhan itu kembali ada, bahkan lebih sering, tentunya akan muncul tanda tanya besar yang memudarkan kelegaan mengenai hasil pemeriksaan EKG sbelumnya. Ini sakit apa? Mengapa keluhannya muncul lagi? Periksa kemana lagi untuk mengobatinya?

Keluhan berdebar, sesak nafas, dada terasa tidak nyaman, pingsan, atau riwayat nyaris pingsan (nggliyer, pandangan gelap) bisa disebabkan oleh masalah kelistrikan jantung atau aritmia. Hal tersebut kadang tidak tertangkap oleh pemeriksaan rekam jantung sesaat atau EKG, sehingga diperlukan perekaman dengan jangka waktu yang lebih lama. Alat yang dapat merekam aktivitas listrik jantung dalam waktu lama disebut Holter. Dengan memakai alat ini gangguan irama jantung yang terjadi hilang timbul bisa terekam sehingga bisa dipakai sebagai acuan untuk menegakkan diagnosis penyakit jantung yang terjadi. Ketika menggunakan EKG Holter, aktivitas jantung direkam oleh disket mini dalam recorder yang selanjutnya akan dianalisa dengan komputer. Penampilan pada layar komputer berupa grafik seperti pada pemeriksaan EKG. Grafik ini yang akan dianalisis oleh dokter spesialis jantung dalam menegakkan diagnosis.

Pemeriksaan dengan EKG Holter tidak memerlukan persiapan khusus. Pasien disarankan mandi sebelum periksa ke dokter, karena selama Holter dipasang tidak boleh basah. Selain itu pasien diwajibkan memakai baju yang longgar untuk memudahkan pemasangan alat tersebut pada badan. Selama menggunakan EKG Holter, pasien diwajibkan mencatat aktivitas beserta waktunya secara detail sebagai sumber informasi bagi dokter jantung sebagai sumber informasi bagi dokter dalam menegakkan diagnosis adanya kelainan jantung.

Pemeriksaan dengan EKG Holter kini dapat dilakukan di RS ”JIH”. Tidak perlu menunggu lama untuk mendeteksi keluhan jantung yang Anda rasakan.

  • By dr. Ima Ansari Kusuma, Sp.JP, FIHA
  • 19 January 2018