Homecare RS “JIH” sebagai pelayanan kesehatan paripurna

Home care adalah suatu layanan perawatan pasien di rumah. Yang membutuhkan perawatan di rumah baik pasien yang masih sehat sampai yang sakit, pasien dengan berbagai kondisi jenis penyakit dengan berbagai latar belakang yang melandasi keputusan untuk menggunakan jasa ini di lingkungan keluarga. Hal-hal yang menjadi dasar pertimbangan antara lain: pertimbangan ekonomi, kenyamanan pasien, dan kemudahan akses bagi keluarga.

Home care memberikan pelayanan pada penyakit kronik yang memerlukan perawatan lama dan berbiaya mahal. Keluarga yang memutuskan untuk melanjutkan perawatan di rumah umumnya didasari pada perhitungan ekonomi atau kemudahan anggota keluarga lain untuk menjenguk dan bertemu pasien serta kenyamanan pasien karena dirawat dirumah akan memberikan rasa aman dan nyaman kepadanya yang penting untuk membantu proses penyembuhan.

Pelayanan homecare Rumah Sakit JIH adalah salah satu pelayanan di Rumah Sakit JIH non emergency dan terencana yang bergerak di bidang perawatan paripurna paska rawat inap. Pelayanan homecare dilakukan di rumah pasien dengan tim yang terdiri atas dokter umum, perawat/bidan/ahli gizi sesuai kebutuhan pasien. pelayanan homecare didukung dengan mobil homecare khusus beserta driver dan peralatan medis non emergency, seperti peralatan rawat luka, pemasangan selang kencing, dan sebagainya. Tujuan umum pelayanan homecare adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna untuk pasien-pasien rumah sakit JIH. Tujuan khususnya untuk menjaga kesinambungan perawatan dari rumah sakit ke rumah pasien serta memantau perkembangan penyakit pasien di rumah

Jenis layanan Jenis layanan homecare RS JIH meliputi, pasien pemulihan paska rawat inap di rumah sakit, pasien dengan stroke, pasien dengan penyakit kronik, seperti gagal ginjal, diabetes dan lain-lain. Perawatan luka di rumah pada pasien dengan luka diabetes, luka dekubitus, luka bakar, paska khitan, paska operasi urologi (pembesaran prostat, dan lain-lain). Home care RS JIH juga melayani pemeriksaan laboratorium, konsultasi gizi, memandikan bayi serta pemantauan denyut jantung janin pada ibu hamil.

  • By dr. Yessi Primanda Sari
  • 25 July 2018