HINDARI JEROAN BERLEBIH, JIKA TAK INGIN TERKENA ASAM URAT

Penyakit asam urat atau gout arthritis adalah bentuk dari penyakit radang sendi yang menyebabkan sendi kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh anda. Asam urat merupakan penyakit progresif akibat deposisi kristal Monosodium Urat di persendian, ginjal, dan jaringan ikat lain sebagai akibat kadar asam urat tinggi didalam darah yang telah berlangsung lama. Jempol kaki merupakan bagian yang paling sering terkena asam urat, tetapi penyakit ini juga dapat memengaruhi sendi lain di kaki, seperti lutut, pergelangan kaki, telapak kaki. Asam urat juga kadang terjadi di lengan, tangan, pergelangan tangan, dan siku.

Tanpa penanganan yang efektif kondisi ini dapat berkembang menjadi asam urat kronis, terbentuknya benjolan asam urat, dan bahkan dapat mengakibatkan gangguan fungsi ginjal berat, serta penurunan kualitas hidup. Gout mengenai 1−2% populasidewasa, dan merupakan kasus radang sendi terbanyak pada pria. Prevalensi asam urat diperkirakan antara 13.6 per 1000 pria dan 6.4 per 1000 wanita. Prevalensi asam urat meningkat sesuai umur dengan rerata 7% pada pria umur >75 tahun dan 3% pada wanita umur >85 tahun.

Ada tiga tahapan penyakit asam urat berdasarkan tingkat keparahannya. Pada tahap pertama kadar asam urat sudah naik di dalam darah> 6.8 mg/dl, yang berarti telah melewati batas solubilitasnya di serum tetapi belum ada gejala asam urat yang muncul. Bisa saja Anda tidak akan pernah merasakan gejala asam urat. Saat memasuki tahap kedua, maka kadar asamurat yang terlalu tinggi tersebut telah membentuk kristal-kristal yang biasanya terjadi pada bagian jari kaki. Dalam tahap ini, Anda baru akan merasakan nyeri dan sakit pada sendi, tetapi hal ini tidak akan berlangsung lama. Di tahap ketiga, gejala asam urat tak kunjung hilang dan kristal-kristal asam urat yang terbentuk tidak hanya menyerang satu sendi saja. Bahkan, dalam tahap ini akan muncul gumpalan-gumpalan zat tersebut yang sudah mengkristal di bawah kulit. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri yang lebih parah dan dapat merusak tulang-tulang rawan.

Faktor risiko terkena asam urat selain genetic juga terdapat pada induvidu dengan berat badan berlebih atau obesitas, penderita diabetes,penyakit jantung, gagal ginjal dan darah tinggi. Konsumsi beberapa obat juga menjadi pemicu naiknya kadar asam urat dalam darah antara lain diuretik, aspirin dosis tinggi, kemoterapi dan juga obat-obat imunosupresi.

Sebenarnya pantangan asam urat yang paling utama adalah menghindari hal-hal yang dapat memicu gout arthritis muncul. Anda harus menghindari makanan dengan tinggi purin seperti jeroan, kaldu daging, sosis, bebek, dan berbagai jenis seafood. Sementara, makanan yang harus dibatasi yaitu daging dan ayam yang hanya boleh 50 gram per hari. Kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang tanah yang boleh dikonsumsi sebanyak 25 gram dalam satu hari. Beberapa macam sayuran contohnya, bayam, kangkung, buncis, kembang kol, daun serta biji melinjo yang masing-masing hanya boleh dimakan sebanyak 100 gram per hari.

Selain itu yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung kadar lemak dan gula yang tinggi. Diupayakan untuk selalu minum air putih, perbanyak sayur dan buah serta rajin melakukan olahraga.

  • By dr. Mochammad Khalimur Rouf, Sp.PD
  • 03 September 2018