GIGI GOYAH TAK PERLU DICABUT

Penjelasan singkat mengapa gigi bisa kokoh dan juga mengapa gigi bisa tidak kokoh/goyah. Gigi memiliki akar yang terdapat di dalam tulang rahang. Setiap gigi memiliki panjang, bentuk, dan jumlah akar yang berbeda sesuai dengan jenis giginya. Lubang tempat tertanamnya akar gigi biasanya disebut soket. Gigi dapat tegak dan kokoh karena akarnya tertanam kuat didalam tulang rahang, yang kemudian dihubungkan dengan banyak sekali serabut disebut periodontal fibers. Serabut ini antara lain berfungsi sebagai peredam atau bantalan ketika gigi –geligi dikatupkan atau saat mengunyah. Sehingga kita merasa nyaman saat mengunyah.

Gigi menjadi goyah karena dukungan tulang di sekelilingnya berkurang. Ini dikenal dengan istilah resorbsi tulang alveolar. Derajat kegoyahan gigi tergantung seberapa besar penyusutan tulang alveolar. Makin besar penyusutan tulang, maka gig iakan semakin goyah. Penyusutan tulang alveolar terutama karena proses radang kronis (periodontitis) yang bisa disebabkan karena adanya tumpukan karang gigi. Selain itu penyebab gigi goyah juga bisa diakibatkan karena penyakit sistemik tertentu atau pun karena benturan.

Ada dua alternative untuk mengatasi gigi goyah. Pertama, dengan cara splinting, yaitu dengan mengkaitkan gigi yang goyah dengan gigi-gigi lainnya yang masihkokoh. Kedua, dipulihkan tulang alveolar yang menyusut dengan cara cangkok tulang. Dua tindakan ini merupakan satu kesatuan dan berurutan.Namun jika kondisi kegoyahannya tidak terlalu parah, cukup dilakukan tindakan splinting dan scaling hingga ke area bawah gusi (subgingiva) kemudian dilakukan pemberian antibiotik gel kedalam kantong gusinya. Jadi,gigi goyah tidak harus selalu dilakukan pencabutan, namun ada cara untuk mengatasinya tentu sebelumnya harus diperiksa kondisinya secara langsung oleh dokter gigi dan jika diperlukan akan dilakukan ronsen gigi terlebih dahulu sebelumd ilakukan tindakan diatas. Sebaiknya lakukan periksa rutin kedokter gigi 6 bulan sekali untuk mencegah adanya masalah pada gigi dan mulut termasuk gigi goyah. Pembersihan karang gigi secara tuntas akan mencegah terjadinya masalah gigi goyah.
  • By drg. Mirza Mangku Anom
  • 24 October 2017