Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?!

Who can resist “Mie Instan”?? Tidak dapat disangkal mie instan merupakan salah satu makanan favorit orang-orang dari berbagai kalangan dan usia. Pembuatannya yang mudah, cepat, dan rasanya yang gurih membuat setiap orang tidak dapat menolaknya. Tidak terkecuali ibu hamil, namun apakah mie instan aman untuk ibu hamil dan janin?

Menurut survei kesehatan nasional, mie instan dikonsumsi setidaknya 1-6 kali per minggu oleh sekitar 70% orang dewasa di Indonesia, dan penggemar mie instan meningkat hampir 5% setiap tahunnya. Berdasarkan sebuah penelitian di Korea Selatan, konsumsi mie instan dua kali per minggu berisiko menimbulkan sindrom metabolik. Sindrom metabolik merupakan kumpulan gangguan yang terdiri dari tekanan darah tinggi, penumpukan lemak berlebih di perut, kadar kolesterol baik yang rendah, kadar gula darah tinggi, dan kadar trigliserida tinggi. Kombinasi dari tingginya jumlah kalori, lemak jenuh, gula, dan garam pada mie instan berkontribusi terhadap terjadinya kondisi ini.

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil secara langsung dan tidak langsung dapat memengaruhi pertumbuhan janin. Kandungan garam atau sodium yang tinggi pada mie instan dapat memicu terjadinya hipertensi. Saat hamil, peningkatan tekanan darah dapat berbahaya bagi ibu maupun janin dan dapat menjadi faktor resiko terjadinya eklamsia, atau kejang saat persalinan.

Tidak ada literatur pasti yang menjelaskan seberapa sering ibu hamil boleh mengonsumsi mie instan. Jika ibu hamil sangat ingin menikmati mie instan, boleh saja, asalkan tidak terlalu sering. Bila ingin makan mie instan, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan bumil dalam mengolah mie instan agar lebih sehat:

• Kurangi jumlah bumbu yang dipakai. Gunakan setengahnya atau Anda bisa membuat bumbu sendiri, sehingga kandungan garam yang terkandung di bumbu dapat dikurangi

• Jika Anda membuat mie instan rebus, biasakan untuk tidak memakai air rebusan mie sebagai kuah. Kuah lebih baik menggunakan air panas yang kita masak sendiri atau menggunakan air panas dari dispenser. Karena dengan begitu Anda dapat mengurangi kandungan pengawet yang ada di mie instan.

• Tambahkan bahan-bahan lain yang mengandung lebih banyak nutrisi, seperti protein pada telur, seafood, daging, atau vitamin pada sayuran seperti wortel, tomat, brokoli, atau bayam. Pastikan semuanya dimasak hingga matang.

Sesekali makan mie saat hamil sebagai makanan selingan tidak apa-apa, tapi jangan jadikan mie instan sebagai makanan pokok. Ingat, sejatinya mie instan adalah makanan junkfood cepat saji yang dianggap tidak sehat dan tidak banyak mengandung nutrisi bagi Anda dan bayi Anda.

  • By dr. Aninda Dian Anggraeni
  • 19 March 2019