BAGAIMANA MENGUKUR FUNGSI PARU

Paru adalah organ terpenting sistem pernapasan yang bertanggung jawab dalam proses pengambilan oksigen dari udara luar dan pengeluaran karbon dioksidake udara luar. Oksigen yang masuk digunakan oleh seluruh sel tubuh kita untuk hidup dan bermetabolisme, sedangkan karbon dioksida merupakan sampah hasil metabolism sel tubuh kita sehingga harus dikeluarkan.

Paru memiliki struktur elastis yang mengembang dan mengempis. Udara yang masuk dari udara luar akan melewati rongga hidung, saluran napas besar mulai dari tenggorokan, bronkus dan cabang-cabangnya. Saluran napas yang tersusun seperti batang pohon, cabang dan ranting-rantingnya.Setelah sampai ujung saluran napas, maka udara pernapasan akan mencapai paru yang sesungguhnya atau kita sebut juga sebagai alveolus. Pada proses pengeluaran Karbon dioksida berlangsung sebaliknya. Udara dapat masuk dan keluar karena perbedaan tekanan sehingga terjadi aliran udara pernapasan.

Penilaian terhadap proses masuk dan keluarnya udara pernapasan tidak dapat dilakukan secara langsung, namun fungsi pernapasan dapat dinilai dari jumlah dan kecepatan udara yang masuk dan keluar dalam proses pernapasan. Besarnya jumlah dan kecepatan udara pernapasan dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain usia, jenis kelamin, dan ras.

Pemeriksaan fungsi paru dapat memberikan petunjuk mengenai lokasi kelainan apakah berada di alveolus atau di saluran udara. Spirometri adalah salah satu pemeriksaan yang memberikan informasi mengenai jumlah dan kecepatan udara yang masuk dan keluar. Teknik pemeriksaan fungsi paru menggunakan spirometry dilakukan dengan teknik pernapasan biasa dan manuver paksa. Kerjasama dengan pasien yang diperiksa merupakan hal yang utama dalam proses pemeriksaan fungsi paru. Petugas medis yang memberikan arahan tentang manuver pemeriksaan harus terlatih sehingga hasil pemeriksaan dapat terpercaya dan memberikan hasil pemeriksaan yang optimal. Rumah sakit JIH mempunyai pelayanan spirometri yang handal sebagai pemeriksaan fungsi paru yang seringkali digunakan dalam pemeriksaan kesehatan pasien asma, Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK) dan berbagai penyakit paru lainnya. Petugas pemeriksa spirometri di RS JIH sangat professional dan hasil pemeriksaaanya pun diinterpretasi oleh ahli paru. Spirometri seringkali juga digunakan sebagai pemeriksaan penapis (skrining) pada uji kesehatan paru, sehingga kelainan dapat diketahui lebih cepat.

  • By dr. Diana Septiyanti Sp. P
  • 01 August 2018