PENGOBATAN MIGRAIN PADA KEHAMILAN

Senin, 29 Juli 2019 76

Migrain merupakan nyeri kepala yang diakibatkan oleh pembesaran pembuluh darah di otak. Hormon seperti estrogen diketahui dapat memicu migrain. Hormon tersebut banyak dimiliki oleh wanita. Sehingga, migrain menyerang tiga kali lebih banyak terjadi pada wanita dibanding dengan pria.Itulah mengapa wanita sering mengalami serangan migrain selama kehamilan, menstruasi, dan menopause. Serangan migrainsering meningkat frekuensinya pada trimester pertama tetapi bisadiharapkan menurun di akhir kehamilan.Yang menjadi masalah adalah serangan migrain muncul saat pada kondisi hamil, sedangkan tidak semua obat aman untuk  ibu hamil. Lalu bagaimana cara mengobati serangan akut pada kehamilan?

Yang menjadi perhatian utama adalah mengobati penyakit akut migrain dan mencegah serangan. Mual dan muntah yang sering menyertai migrain dapat diperburuk oleh mual yang berhubungan dengan kehamilan, yang menempatkan wanita pada risiko dehidrasi. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi migrain yaitu pijat lembut kepala dan pundak; kompres hangat kepala; kompres dingin pada leher; istirahat di ruang gelap dan tenang; perbanyak konsumsi air putih; hindari kafein, soda, MSG, bau menyengat, cahaya silau dll; kelola stress dengan baik. 

Apakah ada obat bebas yang dapat dibeli untuk mengatasi migrain yang aman pada kehamilan? Obat dapat dikatakan aman pada ibu hamil jika ada penelitian atau laporan terkait keamanan obat tersebut. Dikatakan aman pada ibu hamil, jika obat tersebut tidak membahayakan janin seperti lahir cacat, keguguran bahkan kematian. Obat bebas  yang memiliki keamanan pada ibu hamil untuk megatasi migrain adalah parasetamol dan ibuprofen. Parasetamol dapat diminum maksimal 4 gram dalam sehari atau 8 tablet dalam sehari. Sedangkan ibuprofen dapat diberikan setiap 4-6 jam sekali 1 tablet.

Jika migrain tidak hilang dengan caratersebut maka hal yang paling penting adalah berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga mendapat penanganan yang aman dan tepat pada ibu hamil.Jadi jangan pernah ragu untuk mengkonsultasikan apapun keluhan yang dialami oleh ibu hamil pada dokter dan bertanyalah terkait obat pada apoteker.