MANAJEMEN STRES SELAMA BERHAJI

Senin, 08 Juli 2019 52

Dalam beberapa hari kedepan, calon jamaah haji Indonesia akan mulai berangkat ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam kelima. Ibadah haji merupakan rangkaian kegiatan fisik dengan mobilitas tinggi sehinggakesiapanfisik dan mental menjadi salah satu hal utama yang harus disiapkansebelumkeberangkatan. Fisik dan mental yang kuat akan mendukung jamaah untuk menjalankan semua ibadah selama berada di tanah sucisampaitibakembali ditanah air.

 

Untuk menghadapi perbedaan musim dan padatnya jamaah dari beragam latar sosial budaya, jamaah hendaknya terus berlatih mengendalikan stres dan mengelola gejolakemosi agar sukses menjalankan ibadah dengan tenang dan nyaman. Berikut beberapa hal yang dapat disiapkanuntuk mencegah stres diluar kendali selama berhaji:

 

1.      Berhaji dengan senang, senang berhaji.

Yakini bahwa saat ibadah haji adalah saat terindah dalam hidup. Luruskan niat dan serahkan segalanya kepada Allah untuk mengharap ridho dan barokahNya

 

2.      Kemampuan memahami orang lain:

Mencoba mengerti,memahami dan menjiwai bahwa setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda dari kita, sehingga memiliki sifat dan perilaku yang mungkin tidak sama dengan kita.Stres terjadi jika meminta semua orang selalu sama dengan pikiran kita.

 

3.      Energi sifatnya sangat menular.

Selalu  berpikir positif, berprasangka baik, berniat tulus, berkata-kata yang baik. Hindari berdebatserta hindari ucapan yang kotor serta menyakitkan hati. Terus saling memberi dukungan kepada sesama jamaah, memberi perhatian atas kebutuhan masing-masing, saling menyayangi dan mencintai, menghargai sesama jamaah dan saling mendengarkan.

 

4.      Seimbangkan kebutuhan panca indera kita

Minum air sesering mungkin, dianjurkan 3 liter setiap hari, jangan menunggu haus!Sarapan tiap pagi sebelum memulai aktifitas dan membawa bekal untuk makanan selama berada di masjid. Makan makanan bergizi seimbang dan tepat pada waktunya. Istirahat yang cukup, kurangi aktifitas yang tidak perlu

 

5.      Lindungi tubuh dari stres

Memakai payung atau tutup kepala saat berada di luar ruangan. Menggunakan masker saat  di luar pondokan dan tempat umum. Memakai alas kaki setiap kali bepergian. Membawa botol spray air untuk membasahi wajah dan tubuh pada saat cuaca panas. Semprotan air berguna untuk menjaga kelembapan kulit jemaah haji.

 

Selamat menunaikan ibadah haji. Haji sehat, haji mabrur