LINDUNGI KULIT DARI PAPARAN MATAHARI

Senin, 30 September 2019 139

Kulit merupakan bagian terbesar dari organ tubuh, sehingga penting sekali untuk menjaganya agar kulit selalu sehat.Perubahan cuaca membawa sejumlah dampak pada perubahan kulit, terutama pada saat musim kemarau. Kulit kering dan wajah kusam merupakan masalah yang dapat muncul saat musim kemarau.

Langkah- langkah berikut yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit selalu sehat selama musim kemarau:

1.  Mencuci muka

Mencuci muka saat bangun tidur akan membuang kotoran di wajah yang ada ketika tidur. Sebelum tidur, mencuci muka dapat menghilangkan riasan wajah dan debu yang menempel di wajah setelah beraktivitas seharian.

 

2. Gunakan Tabir Surya

Ketikaakan beraktivitas di luar ruangan, pakailah tabir surya dengan SPF 30. Hal ini bermanfaat melindungi wajah dari pengaruh sinar ultraviolet.

 

3. Rutin menggunakan pelembab

Musim kemarau akan membuat kulit menjadi lebih kering dan mudah mengalami iritasi. Gunakan pelembab wajah dan kulit segera setelah mandi agar dapat mempertahankan kelembaban kulit.

Ruangan ber- AC juga dapat membuat kulit kering sehingga bawa pelembab kemanapun anda pergi dan dapat diaplikasikan sesering mungkin.

 

4. Jangan mandi dengan air terlalu panas

Mandi menggunakan air panas setelah sepanjang hari terpapar sinar matahari dapat memnuqt kulit semakin kering. Biasakan untuk mandi dengan air suhu ruangan atau air biasa. Hindari berendam terlalu lama karena dapat membuat kulit kering.

  

5. Perbanyak konsumsi air minum

Saat musim kemarau dan cuaca yang panas dapat menyebabkan tubuh dehidrasi dan kulit kering. Perbanyaklah minum air putih sesering mungkin.