KENALI ALAT KONTRASEPSI IMPLAN SEJAK DINI

Senin, 18 November 2019 142

A: Saya pernah dengar tentang alat kontraseps iImplan. Itu seperti apa ya Dok?

Dokter: Sangat baik bahwa Ibu telah mendengar tentang metode kontrasepsi implan. Metode kontrasepsi implant merupakan bentuk usaha pencegahan kehamilan dengan menanamkan 2 buah batang alat implant tersebut di bawah tangan Ibu. Alat tersebut nantinya akan mengeluarkan hormon – hormone untuk mencegah kehamilan

A: Cara pemasangannya bagaimana Dok?

Dokter: Untuk pemasangannya, nanti alat tersebut akan kami tanamkan dilengan atas kiri Ibu. Pertama – tama akan kami bersihkan dan bius terlebih dahulu kemudian kami cucuk sedikit bagian yang akan ditanami implan dan terakhir akan kami masukan implannya dengan alat seperti pipa. Memang sedikit menggunakan suntik bius dan lengan Ibu akan sedikit dicucuk. Namun prosedur akan dilakukan di poli rawat jalan dan tidak memerlukan jahitan sama sekali. Prosedur juga tergolong cepat, mungkin memerlukan waktu sekitar 15-20 menit. 

A: Apakah ada syarat – syarat untuk pemasangannya Dok?

Dokter: Memang ada beberapa kontraindikasi untukpemasangan implan. Antara lain alergi, kehamilan baik yang sudah pasti, maupun masih kecurigaan, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah, darah tinggi, kencing manis, gagal hati, tumor hati, kanker payudara, kanker serviks atau kecurigaan kanker serviks, dan perdarahan berlebihan dari kemaluan yang tidak diketahui penyebabnya.