Bahaya Mencium Bayi Sembarangan

Selasa, 07 Januari 2020 109

Akhir-akhir ini banyak terdengar kasus mengenai bayi yang sakit setelah dicium oleh orang di sekitar wajah dan mulutnya. Sebenarnya sebagian besar penyakit banyak yang ditularkan via percikan ludah, jadi memang banyak sekali penyakit yang berpotensi menularkan penyakit pada bayi jika kita mencium pada area wajah dan mulut. Ketika kita sadar kita sedang sakit, kita pasti sebisa mungkin tidak mencium bayi. Namun demikian yang sering terjadi adalah banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengidap suatu penyakit misalnya Herpes mulut (Herpes Simplex Virus tipe 1) atau infeksi saluran nafas/RSV (Respiratory Syncytial Virus). Kedua jenis penyakit ini pada orang dewasa atau anak yang lebih besar, biasanya ringan dan sering tidak disadari. Nah inilah yang biasanya membuat kita tidak aware bahwa kita sedang berpenyakit sehingga tetap mendekati dan mencium bayi

            Herpes Simplex Virus atau HSV tipe 1 merupakan virus yang cukup berbahaya karena lebih dari 85% orang adalah carrier atau pembawa penyakit ini. Pada orang yang terkena virus ini biasanya gejala yang muncul adalah sariawan ringan yang sering tidak disadari. Apabila virus ini terkena pada bayi di bawah umur 6 bulan gejala yang akan muncul biasanya cukup berat seperti radang otak, ruam pada area wajah dan bibir, demam, pembengkakan kelenjar limfonodi, bayi menjadi malas minum dan terlihat rewel. Sedangkan untuk virus RSV apabila terkena pada orang dewasa gejala yang akan muncul biasanya hanya batuk pilek ringan. Namun pada bayi prematur, bayi dengan berat badan lahir rendah, bayi dengan kelainan jantung dan paru, bayi dengan gangguan system imun serta bayi di bawah usia 4 bulan komplikasi yang dapat ditimbulkan menjadi lebih berat yaitu radang paru-paru dan bronkiolitis atau radang pada saluran pernafasan.

Menurut penelitian, sebenarnya bayi dapat merasakan kasih sayang atau affectionate dari orang disekitarnya pada usia 1 tahun. Pada usia tersebut mereka baru mulai mengenal rasa kasih sayang dari orang di sekitarnya dan mulai merasa bahagia saat dipeluk dan dicium. Nah sebagai orang tua berikut ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar kita bisa mencegah orang-orang menyebarkan virus berbahaya bagi bayi kita. Yang pertama, selalu sediakan masker di kamar bayi dan pastikan untuk menawarkan masker tersebut kepada tamu yang hendak mengunjungi bayi Anda. Yang kedua, batasilah orang yang akan masuk ke ruangan buah hati Anda. Yang ketiga, berikanlah pengertian bahwa jangan mencium pada area mulut dan bayi karena bagaimanapun bayi adalah makhluk yang masih lemah daya tahan tubuhnya sehingga akan mudah terserang penyakit dan apabila sudah terkena komplikasi yang akan ditimbulkan akan lebih fatal. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan kamar bayi memiliki sirkulasi udara sehingga dapat terjadi pertukaran udara yang baik.

Apabila Anda adalah pengunjung yang akan menengok bayi, tips yang dapat dilakukan adalah: pastikan bahwa Anda datang dalam keadaan sehat, apabila ingin mencium bayi sebaiknya meminta izin terlebih dahulu dan apabila diperbolehkan sebaiknya kita mencuci muka mencuci tangan sebelum mecium bayi, dan hindari mencium pada sekitar hidung dan mulut.