HILANGKAN KISTA DERMOID DENGAN LAPAROSCOPY

Adhelia Vega, wanita yang akrab dengan panggilan Adhel ini sedang menginjak usianya yang ke 21 tahun, ketika dikagetkan dengan tumbuhnya kista ditubuh semampainya itu. Mengeluhkan nyeri didaerah perut kanan bawah setiap kali batuk dan bersin, membuat Adhel merasa tidak nyaman dan harus segera diperiksakan ke dokter yang ahli. Bulan januari lalu, Adhel memeriksakan keluhannya kepada dokter spesialis kandungan di Rumah Sakit JIH yang pada saat ituditangani oleh dr. Muh Nurhadi Rahman, Sp.OG yang mendiagnosa awal terdapat kista dengan ukuran 2 cm.

Kista yang terdapat di ovarium kanan Adhel bisa saja membesar dan semakin membuat nyeri jika tidak segera ditangani. Setelah melakukan USG 4D dan tahapan lainnya, Adhel disarankan untuk menunggu sekitar 2 bulan sesuai dengan standard prosedur, agar dr. Muh. Nurhadi rahman Sp.OG dapat memastikan itu positif kista sebelum melakuan tindakan medis lebih lanjut.

Setelah menunggu beberapa bulan kedepan, sekitar pertengahan April, Adhel kembali kepada dr. Muh Nurhadi Rahman Sp.OG untuk melihat kembali kista yang membuat Adhel merasa sakit pada daerah perut kanan bawahnya. Ternyata kista yang semula terlihat berukuran 2 cm telah membesar menjadi 3,9 cm hanya dalam dua bulan lamanya.

dr. Muh Nurhadi Rahman Sp.OG langsung menyatakan harus segera dioperasi dalam beberapa waktu kedepan. Beliau mengatakan kista yang tumbuh ditubuh bagian bawah Adhel tidak berbahaya, hanya saja akan mengganggu setiap aktifitas yang dilakukan oleh pasien.

Tindakan yang dilakukan oleh dr. Muh Nurhadi Rahman Sp.OG terhadap kista yang dijumpai di ovarium kanan Adhel adalah Laparoscopy, teknik operasi dengan sayatan minimal dengan membuat tiga titik sayatan pada bagian tubuh yang terhubung dengan target operasi. Didukung dengan tenaga medis ahli serta alat canggih yang dimiliki oleh Rumah Sakit JIH, akahirnya dokter dr.Muh Nurhadi dan Adhel sekeluarga sepakat untuk melanjutkan ke proses operasi.

Sebelum proses operasi dimulai, Adhel bercerita, dilakukan pembiusan pada setengah tubuh kebawah terlebih dahulu, agar dokter bisa memperlihatkan pada Adhel letak kista yang akan diangkat. Setelah itu dokter akan memberikan bius total pada Adhel dan segera dilakukan proses operasi.

Akhirnya operasi dapat berjalan lancar berkat kerjasama dari seluruh lini rumah sakit JIH yang terlibat. Hal ini juga terlihat dari kepuasan Adhel ketika menceritakan proses awal operasi hingga dia pulih
seperti saat ini. Adhel juga merasa terbantu oleh penjelasan dokter yang detail dan mudah dipahami, serta pelayanan dari petugas pendaftaran dan perawat yang sangat ramah kepadanya. Adhel sangat merekomendasikan rumah sakit JIH untuk perawatan kesehatan kita sehari – hari.

  • By Humas Rumah Sakit JIH
  • 11 May 2018