Sedikit Sayatan Dengan PCNL Hilangkan Batu Ginjal

Batu ginjal ini terletak didalam saluran kemih yang bentuknya seperti kristal di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri yang kuat, pendarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi.

Pada umumnya gejala yang dirasakan seperti nyeri di bagian perut bawah dari skala nyeri ringan sampai dengan berat, mual, sakit saat berkemih, adanya darah saat berkemih atau merasa beser atau sering berkemih terus menerus. Para tenaga medis akan melakukan penegakan diagnosa dengan melakukan BNO IVP adalah pemeriksaan pada system urinaria (dari ginjal, ureter hingga kandung kemih) dengan menggunakan zat kontras melalui pembuluh darah vena. Sehingga gambar yang ditampakan akan melihatkan letak batu dan besaran batu. Jika ditemukan batu dengan diameter 2 cm atau lebih maka penanganan lebih lanjut yaitu tindakan dengan menggunakan Percutaneous Nephrolithotomy (PCNL).

Bapak Eko Suroso bertemu dengan dr P. Yuri, Sp.U di rumah sakit JIH, dengan penjelasan yang detail dan juga informasi tindakan yang akan diambil yaitu PCNL. Dari informasi resiko dan juga keuntungan dari tindakan tersebut Bapak Eko Suroso menjadi mantap. Dr Yuri sangat komunikatif dan juga dari penjelasannya dapat menenangkan pasien.

Setelah Bapak Eko Suroso menyetujui dan mantap untuk tindakan PCNL maka operasi dilakukan dengan bius lokal, Pasien masih bisa melihat berjalannya operasi dan penghancuran batu – batu nya. Proses operasi hanya memerlukan waktu 1 jam dengan sayatan kecil. Setelah operasi, proses penyembuhan hanya memperlukan waktu 2 - 3 hari perawatan sehingga bisa langsung melakukan aktifitas dan bahkan kembali bekerja tanpa ada kendala apapun, dan yang terpenting adalah jangka waktu perawatan di rumah sakit yang singkat.

  • By Humas Rumah Sakit JIH
  • 05 July 2017