Operasi TACI / TACE Tuntaskan Langsung Sel Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang dapat mengancam siapa saja, seiring perkembangan dan kecanggihan keilmuan kedokteran, dihadirkan teknik pengobatan kanker yang mutakhir yang saat ini sedang berkembang dan banyak dilakukan di seluruh dunia yaitu Transarterial Chemoinfusion atau yang lebih dikenal dengan nama TACI tindakan memasukkan obat kemoterapi (obat kanker) ke dalam pembuluh darah yang memberi makan sel tumor, bisa sekaligus dengan atau tanpa zat penyumbat, dan Transarterial Chemoembolization atau TACE merupakan tindakan menutup atau menyumbat pembuluh darah pemberi makan nutrisi sel tumor dengan campuran homogen chemoembolus, dimana teknik pengobatan kanker ini sudah hadir di RS “JIH” pada tahun 2017 ini.

Jika selama ini masyarakat awam mengetahui mesin Cathlab atau cateterisasi laboratorium (room) sementara ini hanya sebatas melakukan untuk pengobatan dan diagnostik jantung, namun di RS “JIH” dapat digunakan sebagai pengobatan kanker yang muktakhir yaitu teknik TACI dan TACE. Bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia dalam Pertemuan Ilmiah Tahun XII yang diselanggarakan di Hotel Royal Ambarukmo pada tanggal 4 Mei 2017, mengadakan workshop berkaitan dengan teknik TACE pada kasus medis kanker hati dan TCI yang dilakukan pada diagnosa kanker rekti atau usus besar (colonrectal)

Tindakan TACI/TACE dilakukan oleh spesialis radiologi konsultan radiologi intervensi

Beberapa alasan mengapa TACI / TACE dipertimbangkan untuk menjadi alternatif terapi bagi pasien kanker.

Termasuk salah satu tindakan yang diakui di dunia untuk menangani penyakit kanker secara multi-dispilin.Untuk menangani tumor primer / metastase lebih menguntungkan bagi pasien usia lanjut dengan resiko tinggi bila dilakukan operasi dengan bius umum / pemberian kemosistemik. Merupakan alternative tindakan apabila pasien menolak operasi dan atau kemoterapi konvensional.

Keuntungan dari tindakan TACI / TACE:

Dosis obat anti kanker yang diberikan ke tumor dapat lebih tinggi dari sistemik terapi kemo biasa dan tertuju tepat pada sasaran sel tumor.Efek samping obat minimal (lebih tidak mengganggu aktivitas / mobilitas pasien).Membantu mengecilkan tumor dan mengurangi resiko perdarahan apabila tumor tersebut akan dioperasi.

Penyakit Kanker dan tumor yang dapat ditangani dengan tekhnik TACI/TACE:

* Kanker hampir sama tumor ganas dapat ditangani dengan metode tersebut. Diantaranya: Payudara, hati, Paru dan Mediastum, Kepala dan LeherTraktus Uro-Genitalis (ginjal-buli – testis)Ovarium TulangServiksTraktus Digestivus.

Dengan kemudahan yang teknik TACI dan TACE ini memberikan informasi baru bahwa tindakan ini lebih komprehensif dan efektif daripada tindakan kemo konvensional, dengan efek samping yang relative rendah atau tidak ada.

Untuk informasi lebih lanjut berkaitan dengan informasi diatas dan sudah dilakukan di RS “JIH”, hubungi: CATH LAB RS “JIH” Ext. 253 .

  • By Humas Rumah Sakit JIH
  • 29 June 2017