MEMPERBAIKI LUTUT BENGKOK DENGAN TINDAKAN TOTAL KNEE REPLACEMENT (TKR)

Setiap kali melakukan perjalanan jauh, rasa nyeri pada lutut dialami oleh Ibu Aty Sunariyati (istri mantan Walikota Jogja periode tahun 1991-2001). Nyeri yang dirasakan perlahan membuat nya susah bergerak dan berjalan. oleh karena itu beliau mencoba melakukan pemeriksaan disalah satu rumah sakit di Yogyakarta, tetapi hasilnya masih sama, tidak ada perubahan.

Akhirnya Bu Aty menemui dr. Yudha Mathan Sakti Sp. OT (K) di Rumah sakit “JIH” untuk melakukan konsultasi terkait keluhan nyeri pada lututnya. Dari rangkaian pemeriksaan yang dilakukan oleh dr. Yudha Mathan Sakti Sp. OT (K) didiagnosa sementara adanya ketidaknormalan pada lutut kiri, hal ini sering terjadi pada wanita seusia Bu Aty. dr. Yudha Mathan Sakti, Sp.OT (K) merupakan Dokter Spesialis Ortopedi Konsultan Spine yang memiliki keahlian dalam menangan kasus –kasus Tulang Belakang, oleh karena itu untuk kasus ini beliau merekomendasikan dikonsultasikan ke dr. Lutfi Hidayat Sp.OT (K) yang memiliki keahlian dalam melakukan operasi pergantian sendi lutut yang dikenal dengan Total Knee Replacement ( TKR).

Setelah bertemu langsung dengan dr. Lutfi Hidayat Sp.OT (K) untuk melakukan konsultasi, Bu Aty menuturkan keramahan dalam penyampaian dokter, sangat mudah dipahami oleh orang awam. Beliau juga merasakan perhatian dan profesionalisme dari masing-masing dokter yang merawatnya. dr. Lutfi Hidayat Sp.OT (K), menyarankan untuk segera melakukan tindakan operasi pada lutut kirinya, karena permukaan sendi lutut sudah tidak rata dan terlihat bengkok sehingga menyebabkan susah berjalan dan menggerakan sendinya.

Tindakan operasi yang akan dilakukan adalah Total Knee Replacement (TKR) yaitu prosedur bedah yang dilakukan pada sendi lutut untuk mengganti bantalan tulang rawan pada sendi lutut dengan bantalan buatan yang terbuat dari prothese. Tanggal 25 oktober 2017, Bu Aty masuk rawat inap di rumah sakit “JIH” kemudian dilakukan tindakan operasi oleh dr. Lutfi Hidayat Sp.OT (K) tindakannya berupa operasi penggantian sendi lutut, permukaan sendinya diganti dengan permukaan sendi baru dan sendi yang bengkok diluruskan kembali.

Pasca Operasi, kondisi Ibu yang berusia 72 tahun ini berangsur membaik, saat ini beliau sudah bisa berjalan kembali dan masih melakukan fisoterapi rutin pasca operasi Total Knee Replacement (TKR) dengan dr. Lutfi Hidayat Sp.OT (K).

  • By Humas Rumah Sakit JIH
  • 27 January 2018