Endoscopy membuat BAB saya normal

“dr. Karina itu professional dalam menangani saya, pendekatannya terhadap pasien sangat membuat saya nyaman untuk melakukan tindakan endoscopy” ujar Pak Sasmito ketika di sambangi oleh Tim RS JIH dirumahnya.

Pak Sasmito salah satu pasien yang ditangani oleh dr. Karina Sasti Sp.PD dengan keluhan BAB yang berlebihan dalam satu harinya. Untuk mengetahui penyebab dari keluhan beliau, maka dr. Karina Sasti, Sp.PD melakukan tindakan endoscopy dengan memasukan kamera kecil dengan senter diujung selangnya, kemudian dimasukan kedalam tubuh pasien. Tujuannya adalah untuk melihat saluran pencernaan Pak Sasmito yang bermasalah.

Benar saja, ternyata terdapat gangguan pada saluran pencernaan Pak Sasmito yang menyebabkan beliau BAB berlebihan. Untuk itu dr. Karina Sasti, Sp.PD menganjurkan beliau mengkonsumsi Teh Hijau dan makanan-makanan sehat, seperti sayuran hijau serta menghindari makanan pedas.

Sebelum melakukan tindakan endoscopy, pasien diharuskan untuk berpuasa dan hanya makan bubur dan minum air putih saja. Hal ini dilakukan agar ketika memasukan selang endoscopy, dokter bisa melihat dinding saluran pencernaan dengan tanpa terhalang oleh makanan-makanan yang dimakan.

Pak Sasmito pun mengakui pendekatan yang dilakukan oleh dr. Karina Sasti Sp.PD membuatnya merasa nyaman dan tidak takut untuk melakukan endoskopi pada saat itu. Sampai saat ini pun Pak Sasmito selalu menanyakan makanan-makanan apa saja yang harus dihindarinya.

  • By Humas Rumah Sakit JIH
  • 03 October 2017