SEMINAR “MOTHER CLASS” JIH ANGKAT TEMA BABY BLUES SYNDROME

Acara rutin yang diadakan oleh Rumah Sakit JIH setiap bulannya adalah Seminar Kesehatan “Mother Class” jatuh pada Sabtu, 24 Februari 2018. Tema yang diangkat diseminar pada kali ini adalah “Kenali dan Cegah Baby Blues Syndrome Pasca Melahirkan”, bagi bunda yang baru saja melahirkan harus waspada terhadap syndrome yang menyerang emosi pada pengidapnya ini, karena dampak dari syndrome ini akan terpapar kepada sekeliling, terutama buah hati. Tidak hanya anak pertama, tetapi bisa terjadi pada kelahiran anak kedua dan selanjutnya. Dr. dr. Irawati Sp.Kj, MEpid menunjukkan 25% dari 580 ibu yang menjadi respodennya mengalami sindroma ini.

Bu Hapsari Fakih M.A.Psi mengatakan “syndrome ini menyerang emosi sang bunda, bunda merasakan sedih, galau berlebihan dan merasa tidak ada yang perduli kepadanya, alhasil produksi ASI bisa berkurang dan merugikan sang anak.”

Selain berdampak pada sang buah hati, bunda akan merasa perasaan sedih yang berlebihan hingga tidak ingin mengurus dan merawat anaknya sendiri, alhasil buah hati akan kekurangan perhatian dari bunda. Tetapi tenang saja, syndrome ini biasanya hanya terjadi 14 hari pertama setelah melahirkan. Tetapi jika lewat 14 hari pertama dan masih merasakan gundah gulana yang berlebihan segera periksakan dengan spesialis kejiwaan yang berkompeten. Jika seorang ibu pasca melahirkan mengalaminya lebih dari 2 minggu, bisa jadi itu adalah Postpartum Depression (PPD) dan sebaiknya segera berkonsultasi dengan Psikolog atau Dokter.

Sekitar 100 peserta hadir pada Mother Class bulan Februari ini, terlihat antusias aktif dari peserta yang mengajukan beberapa pertanyaan pada sesi tanya jawab dengan Bu Hapsari Fakih M.A.Psi. di akhir segmen ditutup dengan pembagian doorprice bagi nomer yang beruntung dan foto bersama dari peserta dan panitia.

  • By Humas Rumah Sakit JIH