JIH SUKSES BERI EDUKASI TENTANG INFEKSI PNEUMOKOKUS BAGI BUAH HATI

Salah satu hal terindah dalam hidup setiap orangtua adalah melihat buah hatinya tumbuh besar dan sehat. Untuk mendapatkan moment bahagia tumbuh bersama anak, setiap orangtua maupun calon orangtua melindungi buah hati dengan pola hidup sehat. Untuk mewujudkan itu semua tentunya orangtua harus paham dengan kondisi tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah mewaspadaibuah hati dari infeksi Pneumokokus.

Pneumokokus yang memiliki nama latin Streptococcus pneumonia ini merupakan bakteri yang ada dalam tubuh manusia, biasanya berada dipermukaan selaput lendir hidung sampai dengan tenggorokan. 25 orang dari 100 orang memiliki pneumokokus dalam tubuhnya. Bakteri ini adalah penyebab dari pneumonia, meningitis, sepsis (infeksi aliran darah), dan otitis media (infeksi telinga tengah). Bakteri pneumokokus ini biasanya menyerang bayi, balita dan lansia. Berdasarkan data dari WHO pada tahun 2015 sebanyak 15% dari kasus kematian pada bayi atau balita disebabkan oleh pneumonia atau infeksi paru-paru, di Indonesia sendiri di katakan 2 – 3 anak meninggal setiap jamnya karena pneumonia yang disebabkan oleh bakteri pneumokokus ini.

Oleh karena itu untuk memberikan pengetahuan bagi orang tua tentang pencegahan dan bahaya dari bakteri Pneumokokus , Rumah Sakit “JIH bersama dengan Glaxo Smith Kline (GSK) dan Majalah Anakku
mengadakan seminar awam mengangkat tema “Bunda, Lindungilah Aku, Buah Hatimu dari Infeksi Pneumokokus” yang sudah dilaksanakan sabtu, 04 November 2017 dengan narasumber dr. Sari Kusumastuti,
Sp.A.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta yang notabene adalah orangtua yang ingin mengetahui dampak dari infeksi pneumokokus pada anak. Antusisame terlihat ketika sesi tanya jawab dengan dr. Sari Kusumastuti, Sp.A dibuka, beberapa peserta berebut mengacungkan tangan untuk bertanya.dr. Sari Kusumastuti, Sp.A adalah dokter spesialis anak Rumah Sakit “JIH” .

Tidak hanya diisi dengan seminar kesehatan saja, acara ini juga mengadakan lomba foto dengan tema “Bunda Lindungi Aku” yang diikuti oleh peserta yang hadir pada saat itu. Pengumuman pemenang diumumkan pada akhir acara dengan pemberian hadiah dari Rumah Sakit “JIH”.

Acara ini diharapkan dapat mengedukasi semua orangtua untuk selalu mewaspadai penyakit jenis apapun yang memungkinkan terpapar pada anak. karena sejatinya mencegah lebih baik daripada mengobati.

  • By Humas Rumah Sakit JIH