PENYEMPURNAAN SISTEM ANTRIAN DI POLIKLINIK RAWAT JALAN RUMAH SAKIT “JIH”

Sebagai bagian dari sistem pendaftaran pasien di poliklinik, maka sistem antrian menempati posisi yang krusial dan sangat penting. Sistim pendaftaran pasien poliklinik mempunyai 4 (empat) kanal atau saluran, yang diharapkan akan memudahkan akses pasien mendaftar atau melakukan perjanjian periksa (appointment). Keempat kanal tersebut meliputi : datang langsung ke rumah sakit, lewat telpon ke call center, lewat what’s app dan bisa lewat aplikasi pendaftaran menggunakan smartphone. Setelah melakukan appoinment dan pendaftaran lewat salah satu dari keempat kanal tersebut, pasien akan mendapatkan nomor antrian untuk periksa di poliklinik atau dokter yang diinginkan. Pada titik ini sering terjadi persoalan. Data yang ada menunjukkan bahwa banyak pasien dengan nomor antrian yang kecil untuk periksa lebih dahulu malahan sering terlambat datang. Kepastian periksa berdasarkan nomor antrian untuk melakukan konsultasi dengan dokter di poliklinik sangat penting bagi kenyamanan pasien. Oleh karena itu Rumah Sakit “JIH” untuk meningkatkan mutu layanan salah satunya adalah melakukan evaluasi terhadap sistem antrian rawat jalan di poliklinik.

Sistim Antrian yang ada saat ini pasien yang datang terlambat atau pada saat dipanggil lebih dari 3x tidak berada ditempat , akan dilompati dua pasien atau 2 nomor antrian setelah pasien yang terlambat tersebut melapor ke perawat di nurse station. Peraturan yang berlaku saat ini dirasakan kurang tepat dan kurang mendidik disiplin . Bagi pasien yang disiplin dan tepat waktu aturan ini dirasa kurang memberi rasa keadilan.

Berdasarkan evaluasi tersebut maka Rumah Sakit “JIH” per 1 Juli 2018 akan memberlakukan penyempurnaan sistem antrian yaitu bagi pasien yang datang terlambat atau pada saat dipanggil lebih dari 3 kali tidak berada ditempat maka akan dilompati minimal 5 pasien atau 5 nomor antrian. Sistim ini akan diatur oleh komputer sehingga terjadi kepastian. Untuk itu kami perlu lakukan sosialisasi yang cukup, terlebih dahulu.

Tujuan dari perubahan untuk menyempurnakan sistem antrian ini adalah agar supaya pasien dapat datang tepat waktu saat melakukan konsultasi dengan dokter, sehingga menciptakan kenyamanan pada saat proses pemeriksaan dan pelayanan lainnya di rumah sakit “JIH” Perubahan untuk penyempurnaan sistem antrian ini mudah-mudahan dapat diterima dan dipahami oleh masyarakat luas. Apabila memerlukan informasi atau penjelasan lebih lanjut silahkan menghubungi call center 24 Jam Rumah Sakit “JIH” di 0274 446 3535 ext.1 atau WhatsApp di nomor Layanan Pelanggan di 0811 282 3535.

  • By Humas Rumah Sakit JIH
  • 07 June 2018