JIH AJAK! LANGKAH NYATA CEGAH KANKER SERVIKS

Pahami gejala, penyebab, faktor resiko dan cara pencegahan kanker serviks. Kanker serviks merupakan kanker yang menduduki urutan ke dua setelah kanker payudara, yang bisa mengancam dan menyerang perempuan manapun. Lakukan langkah nyata untuk cegah kanker serviks sedini mungkin. Rumah Sakit “JIH” Jumat (4/8) ini bersama dengan komunitas pengajian Samara Yogyakarta melakukan talkshow yang dibahas secara ringan dan edukatif dengan tema ‘Langkah Nyata Cegah Kanker Serviks’ dipandu langsung oleh dr Martian Filosofia, dokter Healthy Life Center Rumah Sakit “JIH” banyak menjelaskan penyebab terjadinya kanker serviks, dan bagaimana para perempuan harus lebih memperhatikan kesehatannya dan lebih aware pada gejala – gejala yang dialami seperti pendarahan yang tidak normal pada saat berhubungan atau setelah berhubungan, cairan yang keluar pada Miss V yang berbau dan berwarna coklat dan mengandung darah, nyeri pada bagian pelvis atau panggul, menstruasi yang diluar siklus. Walau banyak orang memiliki Human Papilloma Virus (HPV), ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko kanker serviks seperti salah satunya kontak seksual dengan banyak pasangan, penyakit menular seks (PMS). Talkshow yang diadakan di Masjid JIH banyak menggundang antusias dari para jamaah ini dan partisipasi dalam tanya jawab dengan dokter.

Dengan faktor resiko yang ada, kanker serviks dapat dilakukan pencegahan yang bisa dilakukan secara berkala seperti Papsmear, pemeriksaan Colposcopy untuk mengetahui keadaan leher rahim. Penggunaan metode ini adalah untuk melihat perubahan sel pada leher rahim. Colsposcope akan digunakan untuk memperbesar mulut rahim, kemudian dengan menggunakan larutan asam asetat dokter akan mengevaluasi seluruh permukaan mulut rahim. Penegakkan diagnose dengan salah satu pemeriksaan tersebut akan menjadi salah satu alternative upaya untuk mencegah terjadinya kanker serviks. Untuk mengoptimalkan langkah preventif ini dapat dilakukan dengan pemberian vaksin HPV baik mulai dari usia 10 tahun atau pada perempuan yang sudah seksual aktif.

Rumah Sakit “JIH” sebagai rumah sakit yang mendukung kesehatan Ibu dan Anak menjadi salah satu program unggulan, dan pada bulan Agustus ini sebagai bulan campaign untuk merdeka dari kanker serviks dan melakukan langkah kongret dalam mencegah kanker serviks . Upaya dan ajakan ini dikemas dengan special offering paket Papsmear 15% dan paket vaksin (Gradasil atau Cervarix) 20%. Special offering di hari Kemerdekaan RI ke 72 Tahun mulai tanggal 3 s/d 31 Agustus 2017. Be Aware, Be Care, Do Check Up. *ny

  • By Humas Rumah Sakit JIH
  • 04 August 2017