JIH ADAKAN PELATIHAN DAN PEMANTAPAN AKTIVASI CODE BLUE

Terjadinya kegawatdaruratan dapat terjadi dimana dan kapan saja di lingkungan rumah sakit, kejadian ini bisa dialami oleh pasien, keluarga pasien, maupun petugas rumah sakit itu sendiri. Contohnya seperti kasus seseorang terjatuh, lalu tidak sadarkan diri, nyawa orang ini tentu terancam, sehingga mengakibatkan kegawatan. Kasus tidak sadarkan diri pada seseorang bisa disebabkan karena mengalami serangan jantung, gagal nafas, hipoglikemia atau kurangnya gula dalam darah, dll.

Hal inilah yang melatarbelakangi RS “JIH” menyelenggarakan Pelatihan Sistem Code Blue. CODE BLUE adalah kode isyarat yang digunakan dalam rumah sakit yang menandakan adanya seorang pasien yang sedang mengalami serangan jantung, mengalami situasi gagal nafas akut, dan situasi darurat lainnya yang menyangkut dengan nyawa pasien. Rumah Sakit biasanya memiliki Tim Code Blue yang menjalankan, merawat dan mengevaluasi sistem code blue.

Pelatihan Sistem Code Blue yang diselenggarakan selama dua hari sejak Sabtu (6/5) hingga Minggu (7/5) di Auditorium RS “JIH” ini bekerjasama dengan PERDATIN (Persatuan Dokter Anastesi dan Terapi Intensif) Wilayah Yogyakarta – Departemen Anestesi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta. Pelatihan ini diikiuti oleh karyawan dari berbagai unit kerja non medis dan medis. Pada sambutan pembukaan pelatihan oleh Direktur Utama RS “JIH” ‘Pelaksanaan pelatihan Sistem Code Blue ini diharapkan dapat memaksimalkan strategi pencegahan, aktivasi code blue rumah sakit, resusitasi jantung paru, dan penanganan respon cepat pada pasien yang mengalami kritis di lingkungan rumah sakit khususnya. Tim code blue nanti ada tim primer yang terdiri karyawan yang berada di garda depan yang harus paham betul dengan bagaimana menghadapi dan menyelamatkan pasien yang tiba-tiba tidak sadarkan diri untuk memberikan Bantuan Hidup Dasar. Selanjutnya
Tim Sekunder yang terdiri dari tim dokter dan perawat yang lebih ahli dan professional bergerak dalam penanganan lanjutan atau Bantuan Hidup Lanjut’ paparnya. Penangan code blue ini memerlukan rangkaian prosedur dan protokol dari tim yang mempunyai pelatihan khusus sehingga penyelamatan nyawa pasien pada tahap kritis dapat ditangani.

Pencapaian yang ditargetkan dari pelatihan code blue system RS “JIH” ini adalah menyegarkan kembali pengetahuan tim code blue yang banyak terdiri dari anggota baru, serta mengulas dan memperbaiki kembali sistem code blue saat ini. *ny

  • By Humas Rumah Sakit JIH
  • 10 May 2017